Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

VAR

VAR

VAR

VAR atau  Video Assistant Referee disebut dengan asisten wasit video merupakan sebuah sistem pegembangan dari teknologi telekomunikasi dalam bidang olahraga berupa perekaman video relevan pada sebuah pertandingan yang berlangsung dan ditampilkan pada touchline yang terletak dilapangan untuk wasit. Pada VAR ini, juga tersusun dari beberapa tim yang terdiri dari tiga orang yang bekerja sama untuk meninjau keputusan tertentu yang dibuat oleh wasit utama dengan menonton tayangan ulang dari video yang relevan.  Tim itu terdiri dari asisten video wasit sendiri, asistennya, dan operator replay. Mereka terletak di ruang operasi video yang pada dasarnya adalah bank monitor yang menawarkan sudut pandang kamera yang berbeda dari berbagai sisi dilapangan.

Empat jenis keputusan dapat ditinjau menggunakan VAR : gol (dan pelanggaran dalam penumpukannya), penalti, kartu merah, dan identitas yang salah dalam pemberian kartu. Untuk keputusan yang dibuat di lapangan untuk dibatalkan, itu harus menjadi “kesalahan yang jelas”. VAR sangat membantu dalam menentukan suatu keputusan wasit  dan tim VAR dapat merekomendasika suatu keputusan untuk wasit melewati  pemutaran atau menampilkan insiden terkait pada monitor di touchline yang akan dilihat dan ditinjau oleh wasit.

2.2 Prosedur penggunaan Teknologi VAR

Prosedur seorang wasit dalam menggunakan alat bantu canggih ini saat pertandingan Sepak bola Piala Dunia :

  1. Setiap pertandingan di Piala Dunia akan dipantau oleh tim dengan 13 petugas operasional VAR yang bekerja di Pusat Penyiaran Internasional, berlokasi di Kota Moscow. Tim ini terdiri dari satu orang petugas VAR yang dibantu oleh tiga orang asisten. Empat orang lainnya menjadi petugas operasional siaran ulang yang akan membantu dalam memilih dan menyediakan gambar-gambar dengan sudut pandang terbaik dari sebuah insiden di lapangan.
  2. Total 33 layar yang masing-masing menangkap sudut pandang berbeda akan tersedia di kantor Pusat Penyiaran Internasional. Sebanyak 8 layar akan merekam setiap aksi dalam gerak super slow motion, sementara 4 di antaranya akan memutar dalam gerak ultra slow motion.
  3. Wasit diperbolehkan menggunakan VAR ketika ada satu insiden yang dirasa perlu untuk ditinjau lebih lanjut melalui tayangan ulang. Untuk menggunakannya, wasit akan menghentikan pertandingan sejenak dengan memberi isyarat lewat gerakan kedua tangannya yang membentuk layar persegi di udara.

sumber :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like