Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Tugas Lembaga Pendidikan Islam

Tugas Lembaga Pendidikan Islam

Tugas Lembaga Pendidikan Islam

Tugas Lembaga Pendidikan Islam

  1. Tugas Keluarga

Orang tua dituntut untuk menjadi pendidik yang memberikan pendidikan atau pengetahuan pada anak-anaknya yang memberikan sikaf serta keterampilan yang memadai, pemimpin keluarga yang ideal, bertanggung jawab dalam kehidupan keluarga, baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Tugas diatas wajib melaksanakan oleh orang tua berdasarkan nash-nash Al-Qur’an , diantaranya:

  1. a)firman Allah SWT surah (QS.At-Tahrim:66: 6).

$pkš‰r’¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3‹Î=÷dr&ur #Y‘$tR $ydߊqè%ur â¨$¨Z9$#äou‘$yfÏtø:$#ur $pköŽn=tæ îps3Í´¯»n=tB ÔâŸxÏî׊#y‰Ï© žw tbqÝÁ÷ètƒ ©!$# !$tB öNèdttBr&tbqè=yèøÿtƒur $tB tbrâsD÷sムÇÏÈ

 Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At-Tahrim: 66: 6).

  1. b)Firman Allah SWT surah (Q.S An-Nisa: 4: 9).

!$# öq|·÷‚u‹ø9ur šúïÏ%©s9 (#qä.ts? ô`ÏB óOÎgÏÿù=yz Zp­ƒÍh‘茠$¸ÿ»yèÅÊ (#qèù%s{ öNÎgøŠn=tæ (#qà)­Gu‹ù=sù©!$# (#qä9qà)u‹ø9ur Zwöqs% #´‰ƒÏ‰y™ ÇÒÈ

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.(Q.S. An-Nisa: 4: 9).

Di samping itu, mesjid itu berfungsi sebagai markas pendidikan. Disitulah manusia di didik supaya memegang teguh keutamaan cinta kepada ilmu pengetahuan, mempunyai kesadaran sosial, serta menyadari hak dan kewajiban mereka dalam Negara Islam yang didirikan berguna marealisasikan ketaatan kepada Allah SWT. Pengajaran baca tulis sebagai gerakan pemberantasan buta huruf dimulai dari masjid Rasulullah SAW.

  1. Tugas Pesantren

Dari tujuan pesantren seperti yang dikemukakan oleh Yusuf Faisal, dapat dilihat tugas yang di embun pesantren adalah sebagi berikut:

  1. a)Mencetak ulama yang menguasai ilmu-ilmu agama. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah (Q.S At-Taubah: 9: 122).

* $tBur šc%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuŠÏ9Zp©ù!$Ÿ2 4 Ÿwöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏùöNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuŠÏj9 ’ÎûÇ`ƒÏe$!$# (#râ‘É‹YãŠÏ9ur óOßgtBöqs% #sŒÎ)(#þqãèy_u‘ öNÍköŽs9Î) óOßg¯=yès9 šcrâ‘x‹øts†ÇÊËËÈ

“Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.(Q.S At-Taubah: 9: 122).

  1. b)Mendidik muslim yang dapat melaksanakan syariat agama. Lulusan pesantren, walaupun mereka tidak sampai ketingkat ulama, mereka yang harus mempunyai kempuan melaksanakan syari’at agama secara nyata dalam rangka mengisi, membina, dan menyembangkan suatu peradaban dalam perspektif Islami.
  2. c)Mendidik agar objek memiliki kempuan dasar yang relavan dengan bentuknya masyarakat yang beragama, selain dari itu dari kedua kelompok di atas, kenyataan membuktikan bahwa setiap kelompok masyarakat dalam bentuk kultur dan peradaban apapun, ada sekelompok manusia terakhir ini yang tidak memiliki komitmen (keterkaitan yang erat) dengan nilai-nilai dan cita-cita yang relavan dengan agama.
  1. Tugas Sekolah (Madrasah)

Sekolah (madrasah)sebagai lembaga pendidikan Islam harus mengembangkan tugas sebagai berikut:

  1. a)Merealisasikan pendidikan yang didasarkan atas dasar prinsip piker, akidah, dan tasyri’ yang di arahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Bentuk realisasi itu adalah agar peserta didik beribada, mentauhidkan Allah SWT, tunduk dan patuh atas perintah dan syari’atnya.
  2. b)Memelihara fitrah peserta didik sebagai insan yang mulia, agar ia tidak menyimpang dari tujuan Allah SWT menciptakan.
  3. c)Memberikan kepada peserta didik seperangkat peradaban dan kebudayaan Islami, dengan cara mengintegrasi antara ilmu alami, ilmu sosial, ilmu ekstra dengan landasan ilmu agama.
  4. d)Membersihkan pikiran dan jiwa peserta didik dari pengaruh subjektivitas (emosi) karena pengaruh zaman dewasa ini lebih mengaruh pada penyimpanan fitrah manusia.
  5. e)Memberikan wawasan nilai dan moral serta peradaban manusia yang membawa khazanah pemikiran peserta didik menjadi berkembang.
  6. f)Menciptakan suasana kesatuan dan kesamaan antara peserta didik.
  7. g)Tugas mengkordinasikan dan membenahin kegiatan pendidikan lembaga-lembaga pendidikan keluarga, masjid, dan pesantren mempunyai tujuan pendidikan, madrasah hadir untuk melengkapi dan membenahi kegiatan pendidikan yang berlangsung.
  8. h)Menyempurnakan tugas-tugas pendidikan keluarga, masjid dan juga pesantren.
  9. Tugas Lembaga Pendidikan Masyarakat

Tugas masjid pada masa permulaan Islam, masjid merupakan fungsi yang sangat agung. Dahulu, berfungsi sebagai pangkalan angkatan perang gerakan merdeka, pembebasan ummat dari penyembahan terhadap manusia, berhala, agar mereka beribadah kepada Allah SWT semata.


Baca Juga :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like