Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Trafficking dalam Kontek Organized Crime

Trafficking dalam Kontek Organized Crime

Trafficking dalam Kontek Organized Crime

Trafficking dalam Kontek Organized Crime

Organized crime merupakan

salah satu core subject dalam hubungan internasional telah menjadi suatu fenomena yang luar biasa dimana keberadaannya telah menyita perhatian dunia internasional untuk lebih menanganinya secara mendalam. Organized crime merupakan efek samping yang ditimbulkan akibat modernitas dan globalisasi dimana setiap negara dituntun untuk mampu memicu laju pertumbuhan perekonomiannya, bertahan atau tergilas oleh negara lainnya yang lebih kuat serta menciptakan dunia tanpa batas. Bukan hanya state actors yang berperan dalam melawan organized crime tetapi juga kehadiran non state actors memberikan gerakan yang dinamis pada sistem internasional.

Kejahatan terorganisisr sebagai sebuah fenomena yang baru muncul dan meningkat ketika kejahatan seperti perdagangan, penyelundupan, pemerasan, pembajakan dan pemalsuan menjadi terorganisir melampaui batas negara secara efektif dan cenderung terjadi dalam sistem politik dan ekonomi yang kompleks. Semakin berkembangnya wacana kejahatan terorganisir menjadi transnational organized crime, muncul ketika negara mengalami evolusi yang luar biasa dalam peran dan pelaksanaan kekuasaannya, dimana dalam memerangi kejahatan terorganisir tak jarang aparat negara juga terlibat bahkan mendukung serta menjadi akses bagi pelaksanaan kegiatan ini maka tidak mengherankan bila kekuatan dan peranan hukum semakin melemah.

Melalui praktek penyuapan kepada aparat, memberikan kesempatan pada organisasi kejahatan untuk dapat berkembang dan tumbuh subur membangun kekuatan, membuat jaringan hingga melintasi batas negara, dan bermain sebagai aktor non negara di berbagai bidang yang tergantung pada keadaan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan politik masing-masing negara. ”Trend” yang demikian terkadang juga terjadi didalam suatu masyarakat terbuka yang kacau karena ketidaksempurnaan dan ketidakstabilan dari pelaksanaan demokrasi dan tatanan kehidupan suatu negara.

Kejahatan lintas negara merupakan suatu kejahatan yang berdampak terhadap dua negara atau lebih dengan luas jaringan yang terbatas. Kejahatan lintas negara ini juga memiliki elemen lintas batas, baik yang dilakukan oleh orang (penjahat, kriminal, buronan, atau mereka yang sedang melakukan kejahatan) atau korban (seperti dalam kasus perdagangan atau penyelundupan manusia), atau oleh benda (senjata api, uang yang digunakan dalam kejahatan pencucian uang, obat-obat terlarang), atau oleh niatan kriminal (seperti penipuan melalui komputer). Walaupun bentuk-bentuk kejahatan transnasional telah ada sejak lama, namun saat ini isu tersebut dinilai sebagai ancaman keamanan baru (Vermonte; 2002:45).

Trafficking merupakan salah satu dari kejahatan lintas negara yang memerlukan penanganan yang serius antar pihak-pihak yang terkait dikarenakan keberadaannya yang akan membahayakan stabilitas keamanan suatu negara. Tidak adanya ketentuan yang baku akan definisi yang jelas mengenai trafficking serta terbatasnya pendefinisian akan trafficking, maka definisi trafficking memiliki arti yang berbeda pada masing-masing orang yang berbeda.


Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like