Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Tokoh-Tokoh yang Berpengaruh pada Zaman Renainssancce

Tokoh-Tokoh yang Berpengaruh pada Zaman Renainssancce

Tokoh-Tokoh yang Berpengaruh pada Zaman Renainssancce

Berikut ini nama-nama ilmuan Muslim yang berjasa sangat besar dalam ilmu pengetahuan di Zaman Renaissance

  1. Jabir bin Hayyan (Geber),Bapak Kimia Modern

Abu Musa Jabir bin Hayyan atau lebih dikenal dengan nama Geber di dunia Barat, diperkirakan lahir di Kuffah, Irak pada tahun 750 dan wafat pada tahun 803. Kontribusi terbesar Jabir adalah dalam bidang Kimia. Dialah ilmuan yang pertama kali meletakkan pondasi ilmu kimia modern. Keahliannya ini didapatnya dengan ia berguru pada, pada masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya

  1. Ibnu Rusyd (Averrous),Filsuf Muslim

Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Cordova (Spanyol) pada tahun 520 Hijriyah (1128 Masehi). Ayah dan kakeknya adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu RUsyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, filsafat. Sementara ilmu filsafat sendiri ia dalami dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja.

Ia adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar dihabiskan untuk mengabdi sebagai seorang “Kadi” (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat ia dikenal sebagai komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang mempengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas.

Karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai, dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada.

sebagian seorang ahli filsafat, Ibnu Rusyd mempunyai dua jenis filsafat, yaitu filsafat Ibnu Rusyd sebagaimana yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan, dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya.

Karyanya di antaranya:

– Bidayat Al-Mujtahid (kitab ilmu fiqih)

– Kulliyaat fi At-Tib (buku kedokteran)

– Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-HIkmat wa Asy-Syari’at (filsafat dalam Islam dan menolak segala paham yang bertentangan dengan filsafat)

3.Ibnu Sina (Avicenna): Bapak Kedokteran

https://weshop.co.id/stickman-basketball-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like