Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Subsistem budaya 

Subsistem budaya 

Subsistem budaya

Subsistem budaya 

yang dicerminkan dengan pola pikir pengelolaan air irigasi yang dilandasi dengan keharmonisan dan kebersamaan.

  1. Subsistem sosial yang dicerminkan dengan adanya organisasi subak yang disesuaikan dengan kepentingan petani, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Sehingga konflik yang terjadi di dalam subak dapat dihindari agar tercipta keharmonisan.
  2. Subsistem artefak/kebendaan yang dicerminkan dengan ketersediaan sarana jaringan irigasi yang sesuai dengan kebutuhan subak, pendistribusian air secara adil, dan proses peminjaman air. Sehingga, konflik-konflik dapat dicegah.

Sistem irigasi Subak  merupakan perkembangan dari beberapa tempek yang memiliki luas areal yang besar  serta sulit untuk dikooordinasikan dan subak memiliki otonomi ke dalam dan ke luar. Tempek merupakan suatu komplek persawahan yang mendapat air irigasi dari satu sumber tertentu. Akan tetapi, setiap tempek hanya memiliki otonomi ke dalam.

Sistem organisasi Subak di Bali ini juga mempunyai organisasi subak dengan  membentuk tim kerja yang berorientasi pada kecapaian tujuan yang diinginkan dalam organisasi subak tersebut. Organisasi subak tersebut berkaitan dengan cara sistem irigasi yang mengatur penyediaan air, maka pada suatu subak di daerah tertentu menunjuk seorang petilik (pengawas air) yang bertugas mengawasi pendistribusian dan alokasi air di kawasan tersebut secara rutin.

Di dalam subak. peranan pengurus (pekaseh) subak menentukan keberhasilan subak yang dipimpinnya tersebut. Sebab ia yang mengatur air irigasi pada saat kondisi air yang kritis, menetapkan hari baik untuk menanam tanaman tertentu, merencanakan upacara tertentu. Pada dasarnya, pengurus subak memimpin dan mengendalikan subak sesuai dengan prinsip-prinsip THK.

Selain itu, dalam sistem irigasi Subak terdapat tradisi-tradisi dan upacara keagamaan yang masih teru dilakukan sampai saat ini. Untuk melaksanakan upacara-upacara tersebut, biasanya subak memungut iuran dari anggota subaknya. Adapun pemimpin subak ini dikenal dengan sebutan pekaseh yang bertugas untuk mrngkoordinasikan tugas-tugas keluar dan kedalam yang dapat mempegaruhi sistem perairan dan pertanian di Bali. Kemudian latar belakang didirikannya organisasi Subak yaitu  beberapa ribu tahun yang lalu karena lingkungan topografi dan kondisi sungai-sungai di Bali yang curam. Hal ini menyebabkan sumber air pada suatu komplek persawahan petani umumnya cukup jauh dan terbatas.

Sumber :

https://callcenters.id/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like