Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

 Suasana Religius di Sekolah

 Suasana Religius di Sekolah

 Suasana Religius di Sekolah

Pada dasarnya, manusia dilahirkan dalam keadaan suci.Kesucian manusia itu biasanya dikenal dengan istilah “fitrah”.Fitrah tersebut menjadikan diri manusia memiliki sifat dasar kesucian, yang kemudian harus dinyatakan dalam sikap-sikap yang suci pula kepada sesamanya. Fitrah yang dimiliki manusia merupakan kelanjutan dari perjanjian antara manusia dengan tuhan, yaitu suatu perjanjian sebelum ia lahir kedunia dengan tuhan. Dalam perjanjian tersebut manusia telah menyatakan bahwa ia akan mengakui tuhan sebagai pelindung dan pemelihara (Rabb) satu-satunya bagi dirinya. Hal ini tercermin dalam dialog antara Tuhan dengan ruh manusia sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an, surat Al-A’raf ayat 172. “…bukankah aku ini Tuhanmu? Kemudian ruh manusia itu menjawab: benar, kami telah menyaksikan”.

Berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits, dalam diri manusia terdapat berbagai macam fitrah yang antara  lain adalah fitrah agama, fitrah suci, fitrah berakhlak ,fitrah kebenaran dan fitrah kasih sayang.

  1. Fitrah Agama 

Dalam Al-qur’an surat Al-A’raf:172 dinyatakan bahwa fitrah beragama manusia sudah tertanam kedalam jiwa manusia semenjak dari alam arwah terdahulu, yaitu sewaktu ruh manusia belum ditiupkan oleh Allah kedalam jasmaninya. Dengan demikian, fitrah agama yang ada dalam diri manusia itu ialah fitrah beragama islam. Hal ini didasarkan pada beberapa dalil sebagai berikut.a). Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa setiap anak dilahirkan dalam keadaan beragama Islam, Sabda beliau: “ tidaklah dilahirkan seorang anak, melainkan atas agama ini (islam) hingga menjelaskan akan lidahnya”. (HR. Muslim). b). Agama yang diakui oleh Allah ialah agama Islam, sebagaimana firman-Nya ;” sesungguhnya agama disisi Allah ialah agama Islam.” (QS. Ali Imran:19). c). Semua Nabi/Rasul Allah adalah beragama Islam. d). Allah menyatakan bahwa orang-orang yang tidak beragama Islam adalah seburuk-buruk makhluk melata dibumi ini, sebagimana firman-Nya dalam QS. Al-anfal : 55,  e). para sarjana telah membuktikan bahwa agama yang benar hanyalah agama Islam. seperti hasil studi yang dilakukan oleh Dr. Maurice Bucaille; setelah meneliti selama 20 tahun, kemudian ia mengatakan.”  Agama Yahudi dan Kristen itu adalah tidak asli lagi, sejarahnya tidak terang dan banyak pernyataan yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan.Sedangkan agama Islam masih asli, sejarahnya terang.

  1. Fitrah Berakhlak

Ajaran Islam menyatakan secara tegas sekali bahwa Nabi Muhammad SAW diutus kepada manusia adalah untuk menyempurnakan moral/akhlak manusia. Sebagaimana sabdanya : “ Aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak (moral) yang baik/mulia.” (HR. Bukhori, Hakim dan Baihaqi). Hadits tersebut memberi pengertian bahwa pada mulanya manusia sudah mempunyai fitrah bermoral/berakhlak, sedangkan Nabi diutus hanya untuk menyempurnakan atau mengembangkannya..menurut Prof. Dr. N. Drijarkara S.J bahwa “moral adalah tuntutan kodrati manusia”.

  1. Fitrah Kebenaran

Didalam Al-Qur’an, Allah menyatakan bahwa manusia mempunyai  kemampuan untuk mengetahui kebenaran, sebagaimana firman-Nya yang artinya,” maka adapun orang-orang yang beriman, mereka mengetahui bahwa itu benar-benar dari tuhan mereka” (QS. Al-Baqarah:26). Ayat tersebut menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk mencari dan mempraktikkan kebenaran. Menurut Endang Saifuddin Anshari: “ manusia adalah makhluk berfikir, berfikir adalah bertanya, bertanya adalah mencari jawaban, mencari jawaban adalah mencari kebenaran. Mencari jawaban tentang Tuhan, alam, dan manusia.Jadi pada akhirnya, manusia adalah makhluk pencari kebenaran.”

  1. Fitrah Kasih Sayang

Menurut Al-Qur’an, dalam diri manusia telah diberi Allah fitrah kasih sayang, hal ini sebagaimana firman-Nya:” dan Dia jadikan diantara kamu percintaan dan kasih sayang” (QS. Ar-Rum:21). Berdasarkan ayat tersebut maka dapat dikatakan bahwa manusia sudah diberi fitrah kasih sayang oleh Allah SWT dan manusia memang ingin mengasihi dan dikasihi.

sumber :

https://mcitp70-643.com/princess-kingdom-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like