Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Sistem Komunikasi Bergerak

Sistem Komunikasi Bergerak

Sistem Komunikasi Bergerak

Sistem komunikasi bergerak seluler merupakan system komunikasi dengan media transmisi tanpa kabel (ruang bebas), yang mampu untuk memberikan derajat mobilitas yang baik pada user (MS). User  yang bergerak menyebabkan karakteristik random sinyal pada kanal transmisinya. Sistem ini bersifat seluler yang berarti coverage jaringan dibagi dalam beberapa sel. sistem komunikasi bergerak seluler terdiri atas beberapa perangkat :

  1. Mobile Stasion / Mobile Unit (MS)

MS adalah perangkat yang dibawa oleh user  yang terdiri dari Subscriber Transceiver, Control Unit, dan Antena.

  1. Mobile Telephone Switching Office / Mobile

Switching Centre (MTSO / MSC) MSC merupakan pusat koordinasi dari semua cell site

yang ada dan berfungsi sebagai perangkat penyambung utama. Elemen – elemen MSC

adalah Switching Unit, Processor (Database Processor, Switch Processor, dan

Coordinator Processor), dan Database Unit yang terdiri dari :

  1. Visitor Location Register,penyimpan data – data temporer yang masuk dari MSC lain dan sifatnya resident
  2. Home Location Register, penyimpan data – data tetap dari pelanggan dalam MSC  itu sendiri.

2.1.1 Konsep Sistem Komunikasi Bergerak

Ditinjau dari segi daerah jangkauan (coverage), maka sistem telekomunikasi bergerak dapat dibedakan menjadi sistem analog dan sistem digital. Pada sistem analog Base Station Control (BSC) melayani wilayah yang luas dan keuntungan dari sistem ini adalah relatif mudah dalam hal switching, charging dan transmisi. Sedangkan kekurangannya yaitu :

  • Kemampuan pelayanan terbatas, sehingga daya yang dipancarkan harus besar dan antena harus tinggi. Selain itu area pelayanan dibatasi oleh kelengkungan bumi. Ketika pelanggan sedang melakukan pembicaraan dan keluar dari suatu wilayah pelayanan, maka pembicaraan terputus karena tidak memiliki fasilitas handover dan harus melakukan pemanggilan ulang.
  •  Unjuk kerja pelayanan kurang baik karena jumlah kanalnya sedikit sehingga jumlah pelanggan terbatas.
  • Tidak efisien dalam penggunaan frekuensi karena tidak menggunakan pengulangan frekuensi sehingga jumlah kanal yang dialokasikan pada setiap cell akan kecil.

Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan sistem komunikasi bergerak analog ini, diciptakan sistem digital, dimana dalam sistem ini daerah pelayanan dibagi menjadi beberapa wilayah pelayanan yang lebih kecil yang disebut cell.

2.2  Cell

Cell adalah area cakupan (coverage area) dari Radio Base Station,  daerah layanan ini dibagi – bagi menjadi daerah yang kecil – kecil yang disebut cellular, yang sifatnya pelanggan mampu bergerak secara bebas di dalam area layanan sambil berkomunikasi tanpa terjadi pemutusan hubungan. Sel berbentuk heksagonal ( atau bentuk yang lain ) hanya digunakan untuk mempermudah penggambaran pada layout perencanaan. Cell menunjukkan cakupan sinyal dan juga cell digunakan untuk mempermudah penggambaran pada layout perencanaan. Setiap cell dilayani oleh sebuah Base Transceiver Station (BTS), dan satu BTS dengan BTS dari masing-masing cell saling berhubungan dan dikendalikan oleh Base Station Control (BSC).

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like