Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

   Self Assessment System

   Self Assessment System

   Self Assessment System

Self Assessment System adalah sistem pemungutan pajak ini memberikan wewenang kepada wajib pajak untuk menghitung sendiri, melaporkan sendiri, dan membayar sendiri pajak yang terhutang yang seharusnya dibayar. Ciri-ciri sistem pemungutan pajak ini adalah:

  1. Pajakterhutangdihitungsendiriolehwajibpajak,
  2. Wajibpajakbersifataktifdenganmelaporkandanmembayarsendiripajakterhutang yang seharusnyadibayar,
  3. Pemerintahtidakperlumengeluarkansuratketetapanpajaksetiapsaatkecualiolehkasus-kasustertentusajasepertiwajibpajakterlambatmelaporkanataumembayarpajakterhutangatauterdapatpajak yang seharusnyadibayartetapitidakdibayar.
  1. Withholding System

Withholding System adalah sistem pemungutan pajak ini memberikan wewenang kepada pihak lain atau pihak ketiga untuk memotong dan memungut besarnya pajak yang terhutang oleh wajib pajak. Pihak ketiga disini adalah pihak lain selain pemerintah dan wajib pajak.

Sistem pemungutan pajak di Indonesia sesuai dengan asas pemungutan pajak menganut sistem pemungutan pajak self assesment system dan witholding system.

2.3 Asas Pemungutan Pajak

            Asas pemungutan pajak terdiri dari, yaitu:

  1. Asas domisilis

Negara berhak mengenakan pajak atas seluruh penghasilan Wajib Pajak yang bertempat tinggal di wilayahnya, baik penghasilan yang berasal dari dalam negiri maupun dari luar negeri. Asas ini berlaku untuk wajib pajak dalam negeri.

  1. Asas sumber

Negara berhak mengenakan pajak atas penghasilan yang bersumber diwilayahnya tanpa memperhatikan tempat tinggal Wajib Pajak.

  1. Asas kebangsaan

Pengenaan pajak dihubungkan dengan kebangsaan suatu negara.

2.4Jenis Dan Tarif Pajak

            Jenis pajak dibagi menurut golongan, sifat dan lembaga pemungutnya.

  1. Menurut Golongannnya

Yaitu, terdiri dari:

  1. Pajak langsung

Yaitu pajak yang harus dipikul sendiri oleh wajib pajak dan tidak dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain.

Contoh: pajak penghasilan.

  1. Pajak tidak langsung

Yaitu pajak yang pada akhirnya dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain.

Contoh: pajak pertambahan nilai

sumber :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like