Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

Bila melihat faktor-faktor yang melatar belakangi perlunya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah atau lembaga pendidikan, maka nampaknya kehadiran pelayanan bimbingan dan konseling tidak hanya merupakan keharusan, tetapi juga menuntut suatu lembaga dan tenaga professional dalam pengelolaannya.

  1. Kedudukan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan

Seperti diketahui di dalam kegiatan pendidikan di sekolahatau lembaga pendidikan formal,pada umumnya sekurang-kurangnya ada 3 ruang lingkup kegiatan pendidikan, yaitu:

  1. Bidang intruksional dan kurikulum.bidang ini mempunyai tanggung jawab dalam kegiatan pengajaran dan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada peserta didik.
  2. Bidang administrasi dan kepemimpinan. Bidang ini merupakan bidang kegiatan yang menyangkut masalah-masalah administrasi dan kepemimpinan, yaitu masalah yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan secara efisien.
  3. Bidang pembinaan pribadi. Bidang ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan agar para peserta didik memperoleh kesejahteraan lahiriah dan bathiniyah dalam proses pendidikan yang sedang ditempuhnya, sehingga mereka dapat mencapai tujuan yang diharapkan.[3]
  4. Pola Kedudukan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan.

Bimbingan dan konseling yang berkedudukan sebagai bagian integral dari keseluruhan kegiatan pendidikan di sekolah dalam pelaksanaannya mempunyai beberapa pola atau kemungkinan operasionalnya.

  1. Pola pertama, bimbingan identik dengan pendidikan. Karena baik prinsip maupun tujuannya mampu mengantarkan individu peserta didik untuk mempertumbuhkan dan memperkembangkan dirinya secara optimal.
  2. Pola kedua, bimbingan sebagai pelengkap pendidikan. Dalam pola ini beranggapan bahwa sistem pendidikan yang yang berjalan sekarang, banyak ditemukan celah-celah dan kekurangan-kekurangan. Oleh sebab itu, peran bimbingan dan konseling sangatlahh penting. Yakni sebagai jembatan yang mengantarai atau menutupi celah-celah atau kekurangan yang ditemukan dalam sistem pendidikan tersebut.
  3. Pola ketiga, bimbingan dan konseling bagian dari kurikuler. Pola ketiga ini di tandai dengan disediakannya jam-jam pelajaran khusus memberikan pelayanan bimbingan secara kelompok.
  4. Pola keempat, yakni bimbingan dan konseling bagian dari layanan urusan keseiswaan. Pada pola ini BK merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pembinaan pribadi peserta didik, yang melembaga untuk mendukung kesuksesan kelancaran studi para peserta didik.
  5. Pola kelima, BK sebagai sub sisitem pendidikan. Pola ini didasarkan atas pemikiran bahwa bimbingan merupakan suatu sistem yang memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.[4]
  6. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan

Peranan pelayanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan yaitu sesuai dengan urgensi dan kedudukannya, maka ia berperan sebagai penunjang kegiatan pendidikan lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah digariskan melalui Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 1989. Peran ini dimanifestasikam dalam bentuk membantu para peserta untuk mengembangkan kompetensi relegius, kompetensi kemanusiaan dan kompetensi sosial, serta membantu kelancaran para peserta didik dalam pengembangan kompetensi akademik dan profesional ssesuai dengan bidang yang ditekuninya melalui pelayanan bimbingan dan konseling.

baca juga :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like