Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

 Pengumpulan Data

 Pengumpulan Data

 Pengumpulan Data

            Berbagai jenis instrumen dapat digunakan untuk mengukur dan mengumpulkan data masing-masing variabel seperti angket, test, pedoman interview dan pedoman observasi, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Data yang dikumpulkan dengan instrumen-instrumen tersebut harus dalam bentuk angka. Dalam penelitian korelasonal pengukuran variabel dapat dilakukan dalam waktu yang relatif sama sedang dalam penelitian prediktif, variabel predikator harus diukur selang beberapa waktu sebelum variabel kriteria terjadi. Jika tidak demikian maka prediksi terhadap kriteria tersebut tidak ada artinya.

  1. Analisis Data

            Pada dasarnya, analisis dalam penelitian korelasional dilakukan dengan cara mengkorelasikan hasil pengukuran suatu variabel dengan hasil pengukuran variabel lain. Dalam penelitian korelasional, tehnik korelasi bivariat, sesuai dengan jenis datanya, digunakan untuk menghitung tingkat hubungan anatara variabel yang satu dengan yang lain. Sedang dalam penelitian prediktif, teknik yang digunakan adalah analisis regresi untuk mengetahui tingkat kemampuan prediktif variabel prediktor terhadap variabel kriteria. Namun demikian dapat pula digunakan analisis korelasi biasa bila hanya melibatkan dua variabel. Bila melibatkan lebih dari dua variabel, misalnya untuk menentukan apakah dua variabel prediktor atau lebih dapat digunakan untuk memprediksi variabel kriteria lebih baik dari bila digunakan secara sendiri-sendiri. Tehnik analisis regresi ganda, multiple regresion  atau analisis kanonik dapat digunakan. Hasil analisis tersebut biasanya dilaporkan dalambentuk nilai koefisien korelasi, atau koefisien regresi serta tingkat signifikansinya, disamping proporsi variansi yang disumbangkan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat.

            Interpretasi data pada penelitian korelasional adalah bila dua variabel dihubungkan maka akan menghasilkan koefisien korelasi dengan simbol (r). Hubungan variabel tersebut dinyatakan dengan nilai dari -1 sampai +1. Nilai (-) menunjukkan korelasi negatif yang variabelnya saling bertolak belakang, dan nilai (+) menunjukkakn korelasi positif yang variabelnya saling mendekati kearah yang sama.

baca jgua :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like