Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

PENGERTIAN STANDAR, PROSES, & PEMBELAJARAN

PENGERTIAN STANDAR, PROSES, & PEMBELAJARAN

PENGERTIAN STANDAR, PROSES, & PEMBELAJARAN

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), istilah “Standar” diartikan sebagai ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan. Selain itu juga diartikan sebagai ukuran yang baku.[5] Jadi dapat disimpulkan bahwa standar adalah sesuatu yang bisa digunakan di semua tempat. Dalam hal ini, standar yang dapat digunakan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan proses menurut KBBI adalah runtutan perubahan peristiwa dari perkembangan sesuatu.[6] Setiap sesuatu pasti mengalami perkembangan termasuk pembelajaran, sehingga yang dimaksud proses di sini adalah hal-hal terkait dengan perkembangan proses pembelajaran. Kata pembelajaran berasal dari kata dasar belajar, dalam arti sempit, pembelajaran merupakan suatu proses belajar agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajar. Sedangkan belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman.[7]

Sebagaimana yang terdapat dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menyebutkan bahwa, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Menurut Miarso, pembelajaran adalah usaha pendidikan yang dilaksanakan secara sengaja, dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelum proses dilaksanakan serta pelaksanaannya terkendali.[8]

Sedangkan menurut Gagne dan Briggs, pembelajaran merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar anak didik, yang dirancang, sedemikian rupa untuk mendukung terjadinya proses belajar anak didik yang bersifat internal.[9]

Dari beberapa pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran merupakan proses yang dilakukan oleh pendidik untuk membelajarkan peserta didik pada lingkungan belajar tertentu dan akhirnya terjadi perubahan tingkah laku. Oleh karena pembelajaran merupakan proses, tentu dalam sebuah proses terdapat komponen – komponen  yang saling terkait.

Komponen – komponen pokok dalam pembelajaran mencakup tujuan pembelajaran, pendidik, peserta didik, kurikulum, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.[10] Hubungan antara komponen-komponen pembelajaran tersebut salah satunya akan membentuk suatu kegiatan yang bernama proses pembelajaran.

Proses pembelajaran merupakan keseluruhan kegiatan yang dirancang untuk membelajarkan peserta didik. Pada satuan pendidikan, proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.[11] Di Indonesia Proses pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah diatur dalam standar proses, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

SUMBER :

https://www.ram.co.id/gb-whatsapp-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like