Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

            Istilah sosial budaya merupakan bentuk gabungan istilah sosial dan budaya.sosial dalam arti msyarakat,budaya atau kebudayaan dalam arti sebagai  semua hasil karya,rasa dan ciptaan masyarakat.sosial budaya dalam arti luas mencakup segala aspek kehidupan.oleh karna itu atas landasan pemikiran tersebut,maka pengertian sistem sosial  budaya Indonesia dapat  di rumuskan sebagai totalitas tata nilai, tata sosial,dan tata laku manusia Indonesia yang merupakan manifestasi dari karya,rasa dan cipta di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

  1. Manusia Sebagai Pencipta Dan Pengguna Kebudayaaan.

            Tercipta atau terwujudnya suatu kebudayaan adalah sebagai hasil interaksi antara manusia dengan segala isi alam raya ini. Manusia yang telah dilengkapi tuhan dengan akal dan pikiran menjadikan mereka khalifah di muka bumi dan di berikan kemampuan yang disebutkan oleh supartono (dalam Rafael raga maran,1999:36) sebagai daya manusia. Manusia memiliki kemampuan daya antara lain: akal,intelegensia,dan intuisi; perasaan dan emosi; kemauan; fantasi; dan perilaku.

            Dengan sumber-sumber kemampuan daya manusia nyatalah bahwa manusia menciptakan kebudayaan. Ada hubungan di alekitka antara manusi dan kebudayaan. Kebudayaaan adalah produk manusia,namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain,kebudayaan ada karna ada manusia penciptanya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang di ciptakan nya kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendukungnya. Dialektika ini di dasarkan pada pendapat Peter L. Berger, yang menyebutkan sebagai dialektika fundamental. Dialektika fundamental initerdiri dari tiga tahap: tahap eksternalisasi,tahap objektifasi dan tahap internalisasi.

            Tahap eksternalisasi adalah proses pencurahan diri manusia secara terus menerus kedalam dunia melalui aktifitas fisik dan mental. Tahap objektifitas adalah tahap aktifitas manusia menghasilkan suatu realita objektif, yang berada di luar diri manusia. Tahap internalisasi adalah tahap dimana realitas objektif hasil ciptaan manusia diserap oleh manusia kembali. Jadi, ada hubungan berkelanjutan antara realitas internal dengan realitas eksternal.

            Kebudayaan memiliki kegunaan yg sangat besar bagi manusia.bermacam-macam kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggotanya seperti kekuatan alam maupun kekuatan lain yang tidak selalu baiknya. kecuali itu,manusia memerlukan kepuasan baik di bidang spiritual maupun material. kbutuhan-kebutuhan tersebut dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri.

sumbe

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/seva-mobil-bekas/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like