Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Perikanan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Seperti kita ketahui bahwa segala sesuatu yang hidup di alam ini, senantiasa mengalami proses tumbuh dan berkembang sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah Swt. Tak satupun yang dapat menyimpang dari hukum tersebut. Penyimpangan berarti kehancuran baik bagi eksistensi dirinya maupun bagi yang lain. Demikian halnya dengan kehadiran manusia di alam ini, tidak terlepasa dari proses pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan hukum yang berlaku padanya. Lajunya pertumbuhan dan perkembangan tersebut selaras dengan taraf usia kronologisnya. Apabila terjadi kesenjangan dan ketidakseimbangan inilah yang disebut abnormal. Hal semacam ini menimbulkan persoalan baru bagi manusia, persoalan tersebut semakin rumit dan pelik, apabila jarak kesenjangan dan ketidakseimbangan itu semakin jauh.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa pertumbuhan dan perkembangan merupakan sifat yang melekat pada kehidupan. Lalu apakah pertumbuhan dan perkembangan ? untuk melihat lebih jelas ada baiknya menyimak ungkapan para ahli, antara lain :

1. Prof DR. F.J. Monk, dkk
Menurut Monk, “Perkembangan ialah suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan proses pertumbuhan, kemasakan dan belajar”.[1]
Dalam bagian lain ia menyatakan : “Pertumbuhan khusus dimaksudkan dalam ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni sedangkan perkembangan adalah lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang menampak”.[2]

2.  Lester D. Crow, Ph.D. and Alice Crow , Ph.D.

Menurut Lester dan Alice “The term growth to structural and psycological changes within the phisical constitution  of the individual from  conception to adulthood, the term development can be applied more corretly to those imate potentialities of behavior that are sensitive to environmental stimulation”.[3] Artinya adalah istilah pertumbuhan menunjuk kepada perubahan struktur dan fisik individu dalam seam tubuh sejak masa konsepsi sampai masa dewasa, istilah perkembangan lebih tepat dapat dipergunakan untuk menunjuk potensi-potensi tingkah laku dari dalam yang terpengaruh oleh rangsangan lingkungan.
3. Prof. Dr. Soegarda Poerbakawatja
Menurut Soegarda, pertumbuhan merupakan suatu proses pada anak yang menunjukkan perubhan-perubahan padanya (terutama jasmaniyah) secara otomatis, sedangkan perkembangan suatu proses dalam pertumbuhna yang menunjukkan adanya pengaruh dalam yang menyebabkan bertambahnya tempo, kualitas dalam pertumbuhan.[4]
4. Dra. Rohmalina Wahab, M.Pd.I
Menurut Rohmalina Wahab, pertumbuhan merupakan proses atau tahapan peningkatan dan pertambahan aspek kuantitatif yang bermuara pada perubahan-perubahan struktural manusia dalam hal jumlah, ukuran dan arti  penting lainnya, seperti dari kecil menjadi besar, dari pendek menjadi panjang dan lainnya. Perkembangan adalah proses atau tahapan perubahan yang meliputi aspek kualitatif dari setiap fungsi-fungsi kejiwaan dan kepribadian ke arah yang lebih maju. Penekanan perkembangan ini berpusat pada penyempurnaan psikologis, kejiwaan atau rohaniah yang terrefleksikan dari tingkah laku dan perbuatan.[5]
Keempat pernyataan di atas dapat kita simpulkan bahwa istilah pertumbuhan tidak bisa dipisahkan secara tejam, namun bila ingin dibedakan maka pertumbuhan lebih menunjuk kepada perubahan fisik sedangkan perkembangan lebiha menunjuk kepada perubahan psikis, yang jelas, baik pada pertumbuhan maupun perkembangan terjadi proses perubahan, perubahan tersebut terjadi akibat dari kekuatan-kekuatan intern secara otomatis dan kekuatan-kekuatan dari luar.
sumber :
Categories:
Perikanan
You Might Also Like