Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Pengertian Lembaga Pendidikan

Pengertian Lembaga Pendidikan

Pengertian Lembaga Pendidikan

Pengertian Lembaga Pendidikan

Dalam bahasa Inggiris, kata lembaga biasanya

digunakan sebagai terjemah dari kata Institutional, dan selanjutnya menjadi kata institunionalisasi atau instrtusionalization yang berarti perlembagaan.

Secara etimologi, lembaga pendidikan adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberikan bentuk pada yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan sesuatu penelitian keilmuan atau melakukan sesuatu usaha.

Secara terminologi dari kutipan Rahmayulis, bahwa lembaga pendidikan adalah sesuatu sistem peraturan yang bersifat abstrak. Suatu konsepsi yang terdiri dari kode-kode, norma-norma, ideologi-ideologi dan sebagainya, baik tertulis atau tidak, termasuk perlengkapan material dan organisasi simbolik kelompok manusia yang terdiri dari individu-individu yang berbentuk dengan sengaja atau tidak, untuk mencapai tujuan tertentu dan tempat-tempat kelompok yang melaksanakan peraturan-perturan tersebut adalah: mesjid, sekolah, kuttab, dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan lembaga pendidikan Islam menurut Hasbullah adalah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam yang bersamaan dengan proses pembudayaan. Kelembagaan pendidikan Islam merupakan subsistem dari masyarakat tanpa bersikap demikian, lembaga pendidikan Islam dapat menimbulkan kesenjangan sosial dan kultural.Kesenjangan ini adalah salah satu sumber konplik antara pendidik dan masyrakat dari sinilah timbul krisis pendidikan yang intenssisnya berbeda-beda menurut tingkat taraf dan kebutuhan perkembangan masyarakat tanpa bersikap demikian lembaga pendidikan.

Lembaga pendidikan bukanlah lembaga baku, akan tetapi fleksibel berkembang dan menurut kehendak waktu dan tempat. Hal ini sering dengan luasnya daerah Islam yang membawa dampak pada pertumbuhan jumlah penduduk Islam dan adanya keinginan untuk memperoleh aktifitas belajar yang memadai dengan semakin berkembangnya pemikiran tentang pendidik maka didirikan berbagai macam lembaga pendidikan Islam yang terarah.

Lembaga pendidkan Islam dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa lembaga pendidkan itu suatu wadah atau  tempat yang berlangsung proses pendidikan. Islam  yang mengandung pengertian kongkrit berupa sarana dan pesarana dan juga pengertian yang abstrk, dengan adanya norma-norma dan peraturan-peraturaan  tertentu, seerta  penanggung jawab pendidikan itu  sendiri.


Sumber: https://multiply.co.id/wild-west-race-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like