Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Uncategorized

 Pengadilan Militer (Tentara) Tinggi.

 Pengadilan Militer (Tentara) Tinggi.

Kedudukan dan daerah hukumnya sama dengan kedudukan Pengadilan Tinggi (Sipil). Susunannya terdiri dari Ketua (dulu biasa dirangkap oleh Ketua Pengadilan Tinggi yang diangkat oleh Menteri Kehakiman dan Menteri Pertahanan sebagai Ketua Pengadilan Milliter Tinggi), sebagai anggotanya ditunjuk beberapa Hakim Perwira dengan pangkat serendah-rendahnya Kolonel, sebagai penuntut adalah Jaksa Tinggi dalam kedudukannya sebagai Jaksa Tinggi Milliter, dibantu oleh Panitera.

Tugas dan wewenang memeriksa dan mengadili dalam tingkat pertama para anggota ABRI yang melakukan kejahatan atau pelanggaran yang berkaitan dengan bidang kemiliteran bagi mereka yang berpangkat mayor ke atas, mengadili dalam tingkat kedua mereka yang meminta revisi atau banding, menyelesaikan perselisihan antar Pengadilan Militer yang ada di bawah wewenangnya.

  1. Mahkamah Militer Agung

Berkedudukan di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi seluruh wilayah negara. Susunannya terdiri dari Mahkamah Agung ditambah dengan beberapa Hakim Perwira yang serendah-rendahnya berpangkat Kolonel. Jaksa Agung bertindak sebagai jaksa militer/tentara Agung.

Tugas Mahkamah Militer Agung mengawasi Pengadilan-pengadilan Militer tingkat bawahannya, mengadili dalam tingkat kedua perkara-perkara revisi dari suatu Pengadilan Militer Tinggi, mengadili pejabat-pejabat tinggi anggota ABRI yang telah melakukan perbuatan pidana atau pelanggaran.

Dalam sejarah penerapan syariat Islam dikenal sedikitnya empat macam wilayah atau lingkungan peradilan Islam yaitu:[35]

  1. Wila>yah tahki>m:wilayah ini mirip dengan arbitrase pada masa sekarang, yaitu apabila dua pihak lebih memilih seseorang yang dianggap mampu dan adil untuk menyelesaikan sengketa mereka berdasarkan hukum syara’
  2. Wila>yah Qad}ā’:adalah lembaga peradilan yang sesungguhnya yang berwenang menyelesaikan segala macam sengketa baik perdata maupun pidana.
  3. Wila>yah Maz}ālim:Merupakan lembaga khusus yang hampir sama dengan peradilan tata usaha negara.
  4. Wila>yah H{isbah:Suatu lembaga yang bertugas menegakkan amar makruf nahi nahi munkar, apabila jelas-jelas ditinggalkan. Kewenangan lembaga ini meliputi hal-hal yang berkenaan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan lain sebagainya.

Sumber :

https://bingkis.co.id/ini-alasan-google-pilih-hantu-jinx-untuk-doodle-rayakan-halloween/

Categories:
Uncategorized
You Might Also Like