Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Pandangan Teori Belajar Humanistik Menurut Kolb

Pandangan Teori Belajar Humanistik Menurut Kolb

Pandangan Teori Belajar Humanistik Menurut Kolb

Menurut Budiningsih (2005) Kolb yang merupakan seorang ahli penganut aliran humanistik membagi tahap-tahap belajar menjadi 4, yaitu: (1) tahap pengalaman konkret; (2) tahap pengamatan aktif dan reflektif; (3) tahap konseptualisasi; dan (4) tahap eksperimentasi aktif.

  1. Tahap Pengalaman Konkret

Tahap paling awal dalam peristiwa belajar dimana seseorang mampu mengalami suatu peristiwa sebagaimanan adanya. Ia dapat melihat dan merasakannya, dapat menceritakan peristiwa tersebut sesuai dengan apa yang dialaminya. Namun dia belum memiliki kesadaran tentang hakikat dari peristiwa tersebut. Ia hanya dapat merasakan kejadian tersebut apa adanya, dan belum dapat memahami serta menjelaskan bagaimana peristiwa itu terjadi. Ia juga belum dapat memahami mengapa peristiwa tersebut harus terjadi seperti itu.


  1. Tahap Pengamatan Aktif dan Reflektif

Tahap kedua dalam peristiwa belajar dimana seseorang semakin mampu melakukan observasi secara aktif terhadap peristiwa yang dialaminya. Ia mulai berupaya untuk mencari jawaban dan memikirkan kejadian tersebut. Ia melakukan refleksi terhadap peristiwa yang dialaminya, dengan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan bagaimana hal itu bisa terjadi, dan mengapa hal itu mesti terjadi.

  1. Tahap Konseptualisasi

Tahap ke tiga dalam peristiwa belajar adalah seseorang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi, mengembangkan suatu teori, konsep, atau hukum dan prosedur tentang sesuatu yang menjadi objek perhatiannya.

  1. Tahap Eksperimentasi Aktif

Tahap terakhir dari peristiwa belajar menurut Kolb adalah melakukan eksperimentasi secara aktif. Pada tahap ini seseorang sudah mampu mengaplikasikan konsep-konsep, teori-teori ke dalam situais nyata. Tahap-tahap belajar demikian dilukiskan oleh Kolb sebagai suatu siklus yang berkesinambungan dan berlangsung di luar kesadaran orang yang belajar.

Dari tahapan pembelajaran menurut pandangan Kolb, ia kemudian berpikir bahwa gaya pembelajaran untuk setiap tahapan antara satu orang dengan orang lainnya berbeda. Oleh karena itu, Kolb juga membagi beberapa gaya belajar menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Converger, yaitu tipe orang yang suka belajar dengan memiliki jawaban tertentu atau sudah pasti. Mereka yang memiliki gaya belajar converger biasanya ditandai dengan sifat tidak emosional dan lebih suka menghadapi benda (mati) dibandingkan manusia.
  2. Diverger, yaitu tipe belajar seseorang yang hobi  menelaah berbagai sisi dan mencobanya menghubungkan semua sisi tersebut menjadi kesatuan utuh. Orang dengan tipe diverger biasanya memiliki preferensi untuk mendalami bahasa, sastra, sejarah, atau ilmu sosial.
  3. Assimilation, yiatu tipe belajar seseorang yang cenderung tertarik pada konsep abstrak. Mereka tidak akan terlalu mermperhatikan penerapan atau praktek dari ide-ide mereka. Biasanya, orang dengan gaya belajar ini cenderung tertarik dengan hal-hal ilmiah dan matematika.


  1. Accomodator, yaitu tipe atau gaya belajar seseorang yang berusaha mengembangkan berbagai konsep. Orang dengan gaya belajar ini cenderung menyukai hal-hal yang konkrit dan bisa dipraktikkan.

sumber :

MiTalk Messenger Apk v7.7.17 for android

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like