Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Nama Gunung di Indonesia

Nama Gunung di Indonesia

Nama Gunung di Indonesia

Nama Gunung di Indonesia

GUNUNG RINJANI

Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat tepatnya di wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Timur ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Rinjani dinilai sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Rinjani memiliki ketinggian 3726 mdpl.

Gunung Rinjani memiliki luas sebesar 41.330 ha dengan titik tertinggi 3726 mdpl. Dengan berada di titik tertinggi gunung rinjani ini maka akan terlihat pemandangan yang menakjubkan yaitu pulau Lombok bagian Utara.

Kaldera indah terletak di sebelah barat kerucut rinjani dengan luas 3500 m x 4800 m.

Tidak berhenti pada indahnya kaldera, Kaldera juga memiliki danau Segara Anak dengan kedalaman 230 m. Di dalam danau tersebut terdapat banyak ikan-ikan seperti ikan mujair dan ikan mas.

Selain itu, dari danau Segara Anak mengalir aliran air melewati jurang yang sangat dalam dan membentuk air terjun yang rupawan.

Keindahan yang diberikan Gunung Rinjani terus meluas hingga di bagian selatan danau segara Anakan terdapat Segara Enedt.

Di sebelah timur Kaldera terdapat Gunung Barujari dengan kawah seluas 170 m x 200 m dan ketinggian mencapai 2296 hingga 2376 mdpl. Gunung yang tergolong kecil tersebut terakhir kali meletus tanggal 2 Mei 2009 hingga sepanjang Mei.

GUNUNG KERINCI

Gunung kerinci merupakan salah satu gunung yang tinggi di Indonesia. Ketinggian dari gunung kerinci mencapai 3805 m dpl. Gunung kerinci termasuk ke dalam golongan Pegunungan Bukit Barisan.

Terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat membuat gunung Kerinci tidak sedikit dikunjungi oleh para pendaki.

Letaknya juga dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan tempat habitat dari spesies badak sumatra dan harimau sumatra yang sudah mulai terancam punah.

Beberapa nama lain dari gunung kerinci ialah gunung Kerintji, Gunung Gadang, Puncak Indrapura dan Gunung Korinci.

Gunung Kerinci tergolong gunung berapi yang aktif dan tertinggi di Indonesia. Kerinci pertama kali berhasil ditaklukkan pada tahun 1877.

GUNUNG ARGOPURO

Gunung Argopuro merupakan gunung yang termasuk dalam bagian pegunungan lyang yang letaknya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Argopuro merupakan puncak tertinggi dari deretan pegunungan tersebut dengan posisi yang berada di antara semeru dan gunung raung. Ketinggian dari gunung argopuro mencapai 3088 meter di atas permukaan laut.

Gunung argopuro awalnya merupakan gunung berapi, yang kini sudah tidak aktif lagi. Argopuro memiliki beberapa puncak.

Namun, puncak yang paling dikenal ialah Puncak Welirang atau Rengganis. Nama puncak tersebut diambil dari legenda yang menyatakan bahwa puncak tersebut menjadi pemukiman dari Dewi Rengganis, adik dari Nyai Roro Kidul.

Puncak Rengganis memang yang paling terkenal tetapi bukan merupakan puncak yang tertinggi. Puncak tertinggi masih berada di jarak kurang lebih sekitar 200 m arah selatan dari puncak Rengganis.

Puncak tersebut bernama Puncak Argapoera yang akan ditemukan tugu ketinggian, tanda dari puncak tersebut.

Gunung Argopuro melewati beberapa kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang.

Puncak Renggangis terletak di wilayah Kabupaten Jember. Argopuro memiliki kawasan hutan Dipterokarp Atas, Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous atau huan gunung, dan hutan Montane.

GUNUNG RAUNG

Gunung Raung merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini melewati 3 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung memiliki ketinggian sekitar 10971 kaki atau 3344 meter di atas permukaan laut.

Gunung raung secara geografis terletak pada koordinat 8°07’30”LU dan 114°02’30”BT. Gunung Raung terletak di kawasan Pegunungan Ijen dan merupakan puncak paling tinggi di wilayah tersebut. Gunung ini memiliki Kaldera kering yang merupakan keldera tertinggi nomor dua di Indonesia dan tertinggi di Jawa Timur.

Raung pertama kali meletus pada tahun 1586. Sampai saat ini, mendaki raung memiliki tantangan tersendiri bagi para pencinta alam. Medannya tidak begitu susah untuk ditempuh tetapi memberikan berapa rintangan seperti kurangnya sumber air. Pemandangan milky way yang di suguhkan sangat luar biasa, terlebih saat malam hari.


Sumber: https://ruffsbookmarks.com/dragonsoul-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like