Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta

Sejarah Gedung

Pertama kali gedung ini dibangun pada tahun 1620 oleh Gubernur Jenderal Jean Peterzoon Coen hingga selesai pada tahun 1626. Pada tahun 1628 dan 1629 saat pasukan Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Mataram menyerang Batavia gedung ini hancur karena terbakar. Pada tahun 1649 baru dilakukan perbaikan kembali. Pada masa pemerintahaan Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn gedung ini dibongkar dan dibangun kembali pada tanggal 25 Januari 1707 yang diselesaikan oleh Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck pada tanggal 10 Juli 1710 sampai tahun 1712. Yang berfungsi sebagai “ Stad Huis” ( Balai Kota ) dan “ Raad Van Justitie ” ( Dewan Pengadilan ). Pada tahun 1925 sampai dengan 1942 gedung ini digunakan sebagai kantor provinsi Jawa Barat, tahun 1942 sampai dengan 1945 digunakan sebagai markas  Dainipon, setelah kemerdekan 1945 sampai dengan 1963 digunakan sebagai kantor Gubernur Jawa Barat dan pada tahun 1964 digunakan markas TNI KODIM 0503 Jakarta Barat. Pada tahun 1972 diserahkan kepada pemerintah DKI yang kemudian diperbaiki dan digunakan sebagai Museum Sejarah Jakarta yang diresmikan oleh Gubernur DKI Bpk. Ali Sadikin, pada tanggal 30 Maret 1974. Dengan luas area 13.388 m2.

  1. Ruang prasejarah  (sebelum mengenal tulisan)

Orang – orang purba ( nenek moyang orang Jakarta ) sudah ada sejak 1000 sebelum masehi terbukti dari hasil temuan Tim Arkeolog yang berupa : pahat batu, beliung batu, kampak Batu peninggalan dari zaman batu baru ( New Neolotikum ) ini semua ditemukan disepanjang pinggiran sungai kali ciliwung.

  1. Ruang Masa Sejarah (setelah mengenal tulisan)

 pada abad ke 5 didaerah Jabotabek berdiri kerajaan Hindu Taruma Negara yang nama rajanya  Prabu Purnawarman. Ini terbukti dari peniggalan prasasti batu

  1. a. Prasasti Kebon Kopi ( duplikat)

            Prasasti yang asli terdapat di desa kebon kopi Bogor, mempunyai simbol dua telapak kaki gajah milik Raja Purnawarman yang dipergunakan sebagai kendaraan.

b.Prasasti Ciaruteun  ( duplikat )

Prasasti ini ditemukan di sungai Ciaruteun Bogor menyimbolkan tentang dua telapak kaki Raja Purnawarman yang mirip dengan telapak kaki Dewa Wisnu maka beliau dianggap sebagai titisan Dewa Wisnu.

  1. Prasasti Tugu ( duplikat )

Ditemukan di desa Batu Tumbu Tanjung Priok Jakarta Utara yang asli di Museum Nasional bertuliskan huruf palawa berbahasa sangsekerta. Sebagai peringatan diresmikannya sungai Gomati dan Candrabaga oleh Raja Purnawarman yang selesai digali selama 21 hari dengan panjang 6122 tombak 12 km. Dalam peresmianya raja berkenan membagikan 1000 ekor sapi kepada para Brahmana yang berjasa dalam pembuatan sungai tersebut. Sungai tersebut sangat jernih, berkilau dan berliku – liku sehingga bila dipandang dari muara tergambar bagaikan ular naga yang kemudian diberi nama Candrabaga, kemudian berganti nama menjadi Bagasi ( Bagasasi ) yang kini menjadi nama kota Bekasi dan sungai tersebut kini dikenal kali bekasi

Subsistem budaya 

Bakteri yang Menguntungkan

9 Ciri-Ciri Bakteri

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like