Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

PendidikanUmum

MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MENANAMKAN RASA CINTA TANAH AIR

PENDAHULUAN

Pada era globalisasi, semua masyarakat memerlukan kerjasama dengan negaranya. Agar negara tersebut dapat bersaing dengan negara lain yang ada di dunia. Begitu pula dengan negara Indonesia. Dengan segala kemampuannya, bangsa Indonesia berusaha mendapatkan prestasi di mata dunia. Dengan berbagai macam keragaman berupa ras, suku, bahasa, agama dan potensi, masyarakat Indonesia bersatu padu mengharumkan nama baik negara ini. Akan tetapi, semakin hari berbagai media memberitakan berbagai aksi sengketa, bentrokan, dan perselisihan mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Keragaman yang awalnya merupakan suatu citra dan ciri khas bangsa menjadi ancaman akan retaknya bangsa Indonesia. Padahal di jaman-jaman nenek moyang, negara Indonesia merupakan tanah air yang kaya rasa cinta, peduli, rukun, ramah dan sayang akan keragaman.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Faktor utamanya minimnya pengetahuan akan rasa cinta dan peduli terhadap negara Indonesia. Semakin berkembangnya teknologi-teknologi canggih, membuat beberapa manusia lupa akan sekitarnya. Mereka cenderung beraktivitas individu. Sehingga nilai akan rasa cinta terhadap negaranya berkurang. Hal ini dapat berakibat salah satunya haus akan kekuasaan tanpa mempedulikan nasib bangsa. banyak masyarakat awam yang tidak paham betul apa yang dimaksud dengan cinta terhadap bangsa sendiri. Mereka sering menyepelekan hal tersebut dan mengganggap sesuatu yang sepele. Padahal hal sepele itu merupakan hal kecil yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup tanah air Indonesia.

PENGERTIAN DAN DIFINISI

A. Pengertian Cinta Tanah Air

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri dari berbagai macam pulau, daerah, bahasa, ras, suku, budaya, dan agama. Kehidupan berbangsa dan bernegara tak luput dari kehidupan sejarah di masa lampau. NKRI dilahirkan oleh generasi yang memiliki idealisme cinta tanah air dan bangsa untuk membebaskan diri dari ancaman penjajah di masa lalu. Cinta tanah air sendiri berasal dari perwujudan dari Pancasila sila ke-3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Hal tersebut dapat diwujudkan dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, serta bangsa dan negara. Setiap warga negara wajib memiliki rasa cinta tanah air dan berhak mengikuti segala aktivitas kenegaraan.

Cinta Tanah Air memiliki definisi yang bermacam-macam. Berbagai macam sumber memiliki definisi yang berbeda-beda walaupun makna yang terkandung sama dan saling berhubungan. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, “Cinta Tanah Air” terdiri dari kata “cinta” dan “setanah air”. Kata “cinta” berarti suka sekali sedangkan “setanah air” berarti sebangsa atau senegara. Disimpulkan “cinta tanah air” berarti rasa suka terhadap bangsanya.

Sedangkan Winarno dan Suhartatik mengatakan bahwa cinta pada bangsa dan tanah air artinya setia pada bangsa dan negara Indonesia dengan berbuat sesuatu yang baik ditujukan untuk kemajuan bangsa dan kemajuan masyarakat Indonesia. Kemudian Widagdo mengatakan bahwa cinta tanah air ialah perasaan cinta terhadap bangsa dan negaranya sendiri.Usaha membela bangsa dari serangan penjajahan. Dalam cinta tanah air terdapat nilai-nilai kepahlawanan ialah rela dengan sepenuh hati berkorban untuk bangsa dan Negara.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengertian dari “Cinta Tanah Air” merupakan suatu rasa sayang, cinta, peduli, bangga dan loyal pada setiap individu terhadap daerah atau negara yang ditinggalinya yang tercermin dalam perilaku mengabdi, membela, melindungi, dan menjaga bangsa dari segala ancaman dan gangguan dari dalam maupun luar negeri. Kesadaran akan cinta tanah air sendiri pada hakikatnya rela berkorban dan berbakti terhadap bangsa dan negara. Kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin berbuat sesuatu yang mengharumkan nama tanah air dan bangsa.

B. Setiap warga perlu memupuk Sikap Cinta Tanah Air

Warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk cinta terhadap tanah air Indonesia. Cinta tanah air bukan untuk dihafal, tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Seorang pelajar, mahasiswa, buruh, petani, pedagang, pegawai negeri, karyawan, atau pejabat tinggi harus berperilaku mencintai tanah air. Cinta tanah air diartikan suatu sikap yang mementingkan kepentingan bangsa dan negara serta rela berkorban demi kejayaan bangsa dan negara. Jika cinta tidak terbina pada diri setiap warga maka negara akan mudah dilanda kekacauan, pembangunan tidak behasil, pendapatan negara menurun, da pada akhirnya ingkat kesejahteraan dan kesehatan warga sendiri yang akan hancur.

Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Oktober 1945. Kemerdekaan itu diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan parada pejuang yang tidak ternilai harganya. Semangat cinta tanah air perlu terus dibina sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjamin. Cinta tanah air bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Manfaat tersebut diantaranya negara akan aman dan damai, pembangunan dapat berjalan lancar, dan pendapatan negara akan meningkat.

Individu yang memiliki rasa cinta pada tanah airnya akan berusaha dengan segala daya upaya yang dimilikinya untuk melindungi, menjaga kedaulatan, kehormatan dan segala apa yang dimiliki oleh negaranya. Rasa cinta tanah air inilah yang mendorong perilaku individu untuk membangun negaranya dengan penuh dedikasi. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu yang menjadi warga dari sebuah negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.

Salah satu cara untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air adalah dengan menumbuhkan rasa bangga terhadap tanah airnya melalui proses pendidikan. Rasa bangga terhadap tanah air dapat ditumbuhkan dengan memberikan pengetahuan dan dengan membagi dan berbagi nilai-nilai budaya yang kita miliki bersama. Oleh karena itu, pendidikan berbasis nilai-nilai budaya dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif untuk menumbuhkembangkan rasa bangga yang akan melandasi munculnya rasa cinta tanah air.

C. Cara Meningkatkan Cinta Tanah Air

Adapun cara-cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air sebagai berikut :

1. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.

2. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.
3. Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia.

4. Menghormati simbol-simbol negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, dll.

5. Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus.

6. Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

7. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.

8. Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan negara.


Sumber : Belajar PKN Online

Categories:
Pendidikan Umum
You Might Also Like