Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Masalah yang Terjadi pada Lembaga Politik

Masalah yang Terjadi pada Lembaga Politik

Masalah yang Terjadi pada Lembaga Politik

Masalah yang Terjadi pada Lembaga Politik

Dalam perbandingan dapat Dilihat dari

satu contoh kasus dikatakan, anggota DPR selama Orde Baru mungkin mempunyai pengalaman dan keterampilan politik yang lebih tinggi dari yang ada kini, karena rekruitmen mereka dilakukan melalui saluran yang lebih ketat sekali pun terbatas. Tetapi keterampilan politik mereka dibekukan karena tidak ada ruang politik untuk menerapkannya. Sebutan 5 D adalah kenangan politik yang pahit. Sebaliknya, anggota DPR sekarang yang datang dari demikian banyak partai politik, mungkin masih harus belajar banyak untuk meningkatkan kualifikasi mereka. Meskipun demikian, kebebasan untuk bersuara dalam dewan kini jauh lebih besar, apalagi wewenang legislatif meningkat dengan munculnya reformasi.


Potret buram di atas adalah kamuflase bagi petinggi-petinggi negara saat ini  menyangkut sistem politik Indonesia, ternyata kita dihadapkan pada masalah yang sangat riskan. Jelas kiranya, kehadiran lembaga-lembaga demokrasi itu tidak dengan sendirinya menjamin kehidupan demokrasi, kalau tidak didukung tingkah laku politik yang mengejawantahkan nilai-nilai demokrasi.


Bila tugas-tugas itu dijalankan dengan sungguh-sungguh, DPR benar-benar menjadi pilar penting untuk demokrasi. Sebaliknya, bila para anggota dewan yang terhormat ini lebih sibuk memikirkan diri dan urusan sendiri, maka kehadiran lembaga DPR tidak menjamin sesuatu pun yang berhubungan dengan kehidupan demokrasi. Dalam keadaan ekstrem, seandainya tingkah laku para anggota dewan sama sekali tidak menunjuk perhatian dan keprihatinan akan nasib rakyat, maka kehadiran lembaga ini lebih mirip kamuflase yang menutup-nutupi keadaan yang tidak demokratis sama sekali.


Rekrutmen politik adalah proses pengisian jabatan-jabatan politik pada lembaga-lembaga politik, termasuk dalam jabatan dalam birokrasi atau administrasi negara dan partai-partai politik. Rekrutmen politik mempunyai fungsi yang sangat penting bagi suatu sistem politik, karena melalui proses ini orang-orang yang akan menjalankan sistem politik ditentukan. Rekrutmen politik pada dasarnya merupakan fungsi penyeleksian untuk jabatan dan seleksi kepemimpinan.


Ada beberapa bentuk rekrutmen politik, di antaranya adalah penyortiran atau penarikan undian, rotasi, perebutan kekuasaan, patronage, dan ko-opsi. Rekrutmen politik di Indonesia masih didominasi oleh pemerintah. Bahkan berdasarkan bentuk yang ada rekrutmen politik di Indonesia bisa dikategorikan patronag


Sumber: https://www.bne-e2.net/the-inner-world-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like