Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Umum

MANFAAT DAN KANDUNGAN BROKOLI UNTUK KESEHATAN TUBUH

MANFAAT DAN KANDUNGAN BROKOLI UNTUK KESEHATAN TUBUH

MANFAAT DAN KANDUNGAN BROKOLI UNTUK KESEHATAN TUBUHMANFAAT DAN KANDUNGAN BROKOLI UNTUK KESEHATAN TUBUH

brokoli adalah sayuran hijau yang banyak manfaat dan kandungan gizi untuk kesehatan tubuh. sayuran brokoli yang dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun kalau brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol berwarna putih. Sayuran brokoli banyak di sukai anak anak atau orang dewasa karena rasanya manis dan renyah.

Sekilas tentang manfaat dan kandungan brokoli

manfaat dan kandungan brokoli

Brokoli mempunyai nama latin Brassica oleracea, merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia, namun berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Tanaman brokoli masuk ke Indonesia baru sekitar tahun 1970-an, namun sayuran ini kini cukup populer sebagai bahan pangan. Banyak manfaat dan kandungan yang terdapat pada brokoli seperti sebagai berikut :

KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA BROKOLI :
Energi 34 Kcal 1,5%
Karbohidrat 6.64 g 5%
Protein 2.82 g 5%
Total Lemak 0.37 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2.60 g 7%
Vitamin
Folat 63 mg 16%
Niacin 0.639 mg 4%
Asam pantotenat 0,573 mg 12%
Pyridoxine 0.175 mg 13%
Riboflavin 0,117 mg 9%
Thiamin 0,071 mg 6%
Vitamin A 623 IU 21%
Vitamin C 89,2 mg 149%
Vitamin E 0,17 mg 1,5%
Vitamin K 101,6 mg 85%
Elektrolit
Sodium 33 mg 2%
Kalium 316 mg 7%
Bahan galian
Kalsium 47 mg 5%
Tembaga 0.049 mg 5,5%
Besi 0,73 mg 9%
Magnesium 21 mg 5%
Mangan 0.210 mg 9%
Selenium 2,5 mg 5%
Zinc 0.41 mg 4%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 361 mg –
Crypto-xanthin-ß 1 mg –
Lutein-zeaxanthin 1403 ug –

Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh :

1. Pencegahan kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, dimana tubuh akan memproses ke dalam senyawa sulforaphane sebagai anti kanker. Selanjutnya, pada manfaat sayur brokoli mengandung indole 3 carbinol, yaitu senyawa yang mengandung manfaat antioksidan yang kuat dan anti karsinogen yang tidak hanya menghambat pertumbuhan kanker payudara, serviks dan kanker prostat, tetapi juga meningkatkan fungsi hati.

2. Mengurangi reaksi alergi dan peradangan

Brokoli merupakan sumber yang sangat kaya kandungan kaempferol dan isothiocyanates, baik sebagai anti inflamasi. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh kita . Manfaat sayur brokoli bahkan memiliki sejumlah asam lemak omega 3, yang juga dikenal sebagai anti inflamasi.

3. Sumber antioksidan

Dari semua sayuran, brokoli sebagai sumber yang paling terkonsentrasi vitamin C seperti khasiat buah jeruk, ditambah flavonoid yang diperlukan untuk vitamin C dan mendaur ulang secara efektif. Juga terkonsentrasi dalam brokoli adalah karotenoid lutein, zeaxanthin dan beta karoten, antioksidan kuat lainnya.

4. Menyehatkan jantung

Sifat anti inflamasi dari sulforaphane, sebagau salah satu isothiocyanates (ITC) dalam manfaat sayur brokoli, mungkin dapat mencegah (atau bahkan sebaliknya jika tidak sesuai anjuran) beberapa kerusakan lapisan pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh peradangan karena masalah gula darah yang kronis.

Begitu banyak manfaat dan kandungan yang terdapat pada brokoli maka dari itu segeralah konsumsi brokoli secara teratur dan rasakan manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

 

Sumber: https://superforex.co.id/pelaporan-dandhy-laksono-berpotensi-ganggu-kebebasan-di-medsos/

Categories:
Umum
You Might Also Like