Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Perkebunan

Macam-Macam Perseroan Terbatas

Macam-Macam Perseroan Terbatas

Macam-Macam Perseroan Terbatas

Ditinjau dari cara menghimpun modal perseroan, maka perseroan terbatas dapat dibedakan menjadi :[3]

  1. PT Terbuka

PT terbuka adalah suatu PT dimana masyarakat luas dapat ikut serta dalam menanamkan modalnya dengan cara membeli saham yang ditawarkan oleh PT terbuka melalui bursa dalam rangka menumpuk modal untuk investasi PT, atau dewasa ini disebut PT yang go public.

Dalam UUPT pengertian perseroan terbuka tercantum pada pasal 1 ayat (6) yang berbunyi : Perseroan terbuka adalah perseroan yang modal dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu ; atau perseroan yang melakukan penawaran umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Dari pengertian di atas maka PT terbuka dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. PT yang go public, yang melakukan penawaran umum
  2. Perseroan publik, adalah PT yang tidak melakuakn penawaran umum dalam arti tidak menjual sahamnya melalui bursa (go public), namun modalnya sangat besar dan terbagi atas sejumlah pemegang saham yang banyak sekali.

Selain itu terhadap PT terbuka dalam pasal 16 ayat (2-3) UUPT mengharuskan pada akhir di tambah dengan singkatan “Tbk” dan juga harus didahului dengan kata “Perseroan Terbatas” atau  atau disingkat “PT”

  1. PT Tertutup

PT tertutup adalah PT yang didirikan dengan tidak menjual sahamnya kepada masyarakat luas, yang berarti tidak setiap orang dapat ikut menanmkan modalnya. Pengertian mengenai PT tertutup dalam UUPT tidak ditemui, namun demikian dapat ditafsirkan bahwa PT tertutup adalah bukan PT terbuka. Ini berarti PT tertutup adalah yang tidak termasuk dalam kriteria yang termuat dalam pasal 1 ayat (6) UUPT.

  1. PT Perseorangan

PT perseorangan berarti bahwa saham-saham dalam PT tersebut dikuasai oleh seseorang pemegang saham. Hal ini dapat terjadi setelah melaui proses pendirian PT itu sendiri. Pada waktu pendirian PT terdapat lebih dari seorang pemegang saham, yang kemudian beralih menjadi berada pada seorang pemegang saham.

 

Sumber :

https://mitranet.co.id/

Categories:
Perkebunan
You Might Also Like