Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara

Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara

Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara

Konsep kepemimpinan Jawa lainnya yang juga cukup banyak diapresiasi adalah konsep kepemimpinan yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari 3 aspek kepemimpinan yaitu

  1. ing ngarsa sung tuladha, menekankan peran seorang pemimpin sebagai tokoh yang harus bisa diteladani, yang harus bisa membimbing dan memberi arah ke mana organisasi hendak di bawa. Kalau dikaitkan dengan hasta brata maka konsep ini sama sengan sifat bintang dimana seorang peminpin harus bisa menjadi petujuk arah yang jelas
  2. ing madya mangun karsa, berarti bahwa seorang pemimpin harus bisa membangkitkan semangat orang-orang yang dia pimpin. Harus bisa membangkitkan gairah untuk mewujudkan kepentingan bersama. Seorang pemimpin adalah seorang motivator, seperti matahari yang mampu memberikan energi kepada semua mahluk hidup di bumi
  3. tut wuri handayani, yaitu seorang pemimpin harus mampu menyediakan kesempatan untuk berkembang bagi yang dipimpinnya.[13]

Konteks “ing ngarso sung tulada” mengarah pada peranan sang pemimpin yang diharapkan mampu memberikan keteladanan yang baik kepada rakyat kecil. Misalnya, dalam kondisi krisis seperti sekarang ini, hendaknya para pejabat tidak menghambur-hamburkan uang Negara maupun pribadi, sebab akibatnya kurang positif. Sedangkan, “ing madya mangun karsa “ identik dengan pejabat di level menengah yang diharapkan mampu menuangkan gagasan dan ide-ide baru sesuai dengan aspirasin masyarakat untuk dijadikan program yang positif. Dan, dalam “tut wuri handayani” merupakan sikap dari rakyat kebanyakan. Rakyat itu bisa bermakna bawahan sekaligus sebagai atasan pejabat. Dalam konteks ini yang dimaksud adalah rakyat sebagai bawahan yang diharapkan tunduk patuh dalam mendukung dan melaksanakan kebijaksanaan yang telah dikeluarkan pemerintah.

  1. KESIMPULAN

Dalam kepemimpinan yang berbasis budaya jawa kita memahami prinsip dan konsep kepemimpinan jawa dipengaruhi budaya hindu yang terdapat dalam kitab dan cerita pewayangan Mahabrata dan Ramayana yang melekat kuat sebagai akar budaya masyarakat jawa. Adapun konsep kepemimpinan tersebut antara lain :

  1. Manunggaling Kawula-Gusti Dalam Konsep Kepemimpinan Jawa = Kepemimpinan yang Berorientasi Kerakyatan.
  2. Memayu hayuning Bawana kawula manunggal gusti dimana pemimpin   harus selalu menjaga keselamatan dan ketentraman negara.
  3. Dalam konsep kepemimpian Jawa kita mengenal Ki hajar Dewantoro, juga mengajarkan konsep kepemimpinan, yaitu ” Ing ngarso sung tuladha, Ing Madya mangun karsa, Tut wuri handayani ”atau terjemahan dalam bahasa Indonesia : ”Di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan semangat, di belakang memberi dorongan kekuatan”
  4. Konsep kepemimpinan yang diangkat dari budaya jawa , ditegaskan dalam8 sifat teladan dari figur pemimpin dalam melaksanakan fungsi kepemimpinannya sebagaimana ajaran ”Hasta Brata” . Ajaran ini mengangkat sifat positif dari simbol – simbol alam yang berupa:  Surya, Candra, Kartika, Angkasa, Maruta, Samudra, Dahana dan Bhumi.

            Selain itu kita mengenal konsep diharapkan para pemimpin negara ini dengan latar belakang  budaya jawa dapat menjaga konsistensi prinsip dan konsep budaya Nusantara sebagai bagian kekayaan nusantara yang harus dilestarikan dan dilaksanakan dengan baik untuk mendapat negara yang tenteram, damai gemah ripah loh jinawi.

sumber :

https://sel.co.id/gb-whatsapp-apk/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like