Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Kerajaan Tidore

Kerajaan Tidore

Kerajaan Tidore

Tidore dikenal dengan nama Kie Duko, yang diartikan sebagai pulau bergunung api. Kerajaan tidore berpusat pada wilayah kota tidore (mauku utara). Pendiri pertama kerajaan tidore yaitu jou kolano sahjati. Menurut catatan Portugis, Tidore berdiri sejak Jou Kolano Sahjati naik tahta. Namun tidak diketahui pusat kerajaannya ada dimana. Sejak awal berdirinya Tidore sampai raja ke-4, pusat Kerajaan Tidore belum bisa dipastikan keberadaannya. Barulah pada masa raja Kolano Balibunga pusat kerajaan diketahui yaitu di Balibunga. Di kerajaan Tidore sempat beberapa kali terjadi perpindahan ibu kota atau pusat kerajaan, banyak sekali faktor yang mempengaruhinya mulai dari pergantiannya seorang raja, wilayahnya yang luas bahkan menjauhi dari serangan para musuh serta untuk tujuan dakwah.
Pada tahun 1521, Sultan Mansur di Tidore menerima Spanyol sebagai sekutu untuk mengimbangi Ternate yang bersekutu dengan Portugis. Kedatangan Spanyol diprotes oleh Portugis karena dianggap telah melanggar Perjanjian Tordesillas pada 1494. Pertikaian Portugis dan Spanyo memperlemah kedudukan Tidore dan Ternate, misalnya perebutan Benteng Spanyol di Tidore. Akhirnya, pertikaian ini di akhiri dengan adanya pembaharuan Perjanjian Tordesillas yang mempertegas bahwa kepulauan Maluku menjadi kekuasaan Portugis.
Setelah Spanyol mundur dari Maluku, Tidore menjadi kerajaan yang paling terkemuka di wilayah Maluku. Sebab, Tidore berhasil menolak penguasaan VOC terhadap wilayahnya dan Tidore menjadi merdeka hingga akhir abad ke-18. Selain kedatangan Spanyol, Belanda juga datang untuk menguasai Maluku. Inggris pun ikut campur dalam masalah ini dengan membantu mengusir Belanda. Hal ini,terjadi pada masa raja Sultan Nuku. Sultan Nuku memberi kebebasan kepada Inggris untuk menguasai Ambon dan Banda serta mengadakan perjanjian damai dengannya.
sumber :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like