Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Uncategorized

  Kalimantan

  Kalimantan

 

Lahan pasang surut adalah lahan yang musim penghujannya berlangsung pada bulan desember-mei permukaan air pada sawah akan naik sehingga tidak dapat di tanami padi. Musim kemarau terjadi pada bulan juli-september, air permukaan akan surut yang mana pada saat itu tanaman padi baru dapat ditanam pada lokasi yang berair (LIPI Kalimantan, 1994).

Dalam keadaan alaminya lahan rawa pasang surut letaknya terpencil dan tidak ada penduduk yang menggarapnya. Pembukaan lahan rawa pasang surut dilakukan oleh Pemerintah terutama disepanjang pesisir Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat serta di bagian selatan Irian Jaya (sekarang Papua).

Tanah Lahan Pasang Surut memiliki sifat yang berbeda dari tanah lainnya :

  1. Tanah sulfat masam dengan senyawa pirit

Pirit adalah zat yang hanya ditemukan di tanah di daerah pasang surut saja. Zat ini dibentuk pada waktu lahan digenangi oleh air laut yang masuk pada musim kemarau. pirit dapat berubah bentuk menjadi zat besi dan zat asam belerang yang dapat meracuni tanaman. Ciri tanah yang telah teracuni pirit adalah :

  1. a)Tampak gejala keracunan besi pada tanaman
  2. b)Ada lapisan seperti minyak di permukaan air
  3. c)Ada lapisan merah di pinggiran saluran.
  4. d)Tanaman mudah terserang penyakit
  5. e)Hasil panen rendah
  6. Air  pasang besar dan kecil
  7. Kedalaman air tanah
  8. kemasaman air yang menggenangi lahan

1)        Sistem Pengairan Lahan Pasang Surut

Sistem pengairan pada lahan pasang surut dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :

  1. Sistem irigasi dari bawah ke atas (lowe to upper flow irrigation system)

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/

Categories:
Uncategorized
You Might Also Like