Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Jenis Penyimpanan Magnetic

Jenis Penyimpanan Magnetic

Jenis Penyimpanan Magnetic

·         Floppy Disk
o   Media penyimpan data yang paling banyak dipakai pada mikrokomputer.
o   Mempunyai notch (tekukan atau lubang) yang berfungsi untuk mencegah penulisan ke disket, atau untuk melindungi data.
o   Perlindungan data dalam disket floppy dinamai write protection. Disket yang dilindungi dengan write protection ini tidak dapat ditulis oleh komputer, sehingga data yang ada di dalam terhindar dari perubahan, terutama perubahan akan kesalahan atau ketidak sengajaan. Write protection ini sangat diperlukan untuk pengamanan data di dalam disket pada saat mau menjalankan disket floppy tersebut.
o   Untuk menjalankannya, komputer harus dilengkapi dengan diskdrive (penggerak disket). Diskdrive biasanya dipasang di bagian depan kotak komputer. Ukuran penggerak disket ini disesuaikan dengan ukuran disket. Dengan demikian, disket floppy ini tidak bersifat tetap di dalam komputer, artinya disket tersebut harus dikeluar-masukkan pada saat mengoperasikannya.

·         Harddisk

o   Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
o   Harddisk pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
o   Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
o   Hard disk mempunyai kecepatan atau pencarian data (seek and accses time) yang jauh lebih tinggi dari pada disket floppy.
o   Sebagai contoh, hard disk dengan ukuran 1 GigaByte (1 GB Magnetic Hard Disk) mempunyai kecepatan akses 10 ms (millisecond = seperseribu detik). Sedangkan kapasitas simpannya ialah dapat menyimpan sampai 512.000 halam teks, 180 menit (3 jam) lama putar digital audio, 136 menit (sekitar 2 jam) digital MPEC video, juga dapat menyimpan gambar sampai 35 full color JPEG hi-res picture, dan 34.000 scanned images atau sekitar 12 laci file cabinet.
o   Harddisk memiliki 2 hingga 11 keping disk penyimpan data yang terbuat dari alumunium atau gelas dan dilapisi dengan oksida besi.
o   Jika dibuka, terlihat mata harddisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
o   Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
o   Dalam perkembangannya kini hardisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal).
o   Kinerja harddisk terkait oleh beberapa faktor: kecepatan putar disk, umumnya 5400, 7200, atau 10.000 rpm. Dan kapasitas penyimpanan harddisk.
o   Data pada harddisk dibaca atau ditulis dengan menggerakkan head baca/tulis yang terdapat pada setiap sisi disk melintasi permukaan disk ke lokasi track data.
o   Komponen penyusunan harddisk terdiri dari:
§  Disk penyimpan
§  Papan rangkaian
§  Head baca/tulis
§  Kabel dan konektor
§  Penggerak head
§  Motor pemutar
§  Pengaturan setting (Jumper dan switch)
sumber :
Categories:
Pendidikan
You Might Also Like