Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

FAKTOR PENENTU EKSPOR DAN IMPOR

FAKTOR PENENTU EKSPOR DAN IMPOR

FAKTOR PENENTU EKSPOR DAN IMPOR

FAKTOR PENENTU EKSPOR DAN IMPOR

Besar nya ekspor dan impor yang dilakukan oleh suatu Negara dalam waktu tertentu dan perubahannya dari waktu kewaktu ditentukan oleh banyak faktor. Adakalanya perkembangan ekspor brjalan kearah yang bertentangan dengan perkembangan impor sehingga menimbulkan surplus atau minusnya neraca pembayaran, dan ada kalanya keduanya berimbang. keadaan tersebut dapat menimbulkan hambatan maupun mendukung pencapaian tujuan pemerintah secara umum yaitu pencapaian tingkat penggunaan tenaga penuh, menekan inflasi dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat. Kegiatan perdagangab luar negeri memungkinkan suatu Negara melakukan spesialisasi dalam menhasilkan barang dan jasa dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan hasil produksi Negara-negara lainnya. Spesialisasi ini akan mempertinggi efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi yang ada disuatu Negara. Suatu Negara dapat mengekspor barang-barang konsumsi, barang-barang modal, teknologi, bahan-bahan mentah atau bahan setengah jadi yang tidak dapat dihasilkan sendiri atau mengekspor yang lebih baik mutunya. Sebagai contoh Indonesia mengimpor berbagai barag modal dan berbagai jenis barang untuk keperluan pengembangan industri serta teknologi dari luar negeri. Indonesia disisi lain mengekspor karet, timah, minyak kelapa sawit dan kayu hutan kejepang dan berbagai Negara lain yang tidak dapat menghasilkan sendiri barang-barang tersebut. Apabila kesempatan ini digunakan dengan baik maka dapat diciptakan pertumbuhan ekonomi yang cepat.

Sebaliknya perlu disadari pula bahwa tidak semua Negara dapat menggunakan kemungkinan untuk memperoleh keuntungan dari aktivitas perdagangan luar negeri ini. Disamping itu pada umumnya Negara-negara yang lebih maju dan lebh berkembang sector industinya memlii kesanggupan yang lebih besar untuk memperoleh keuntungan dari aktifitas tersebut dibandingkan dengan Negara-negara yang sedang berkembang. Oleh karena itulah bila kegiatan tersebut diserahkan mekanisme pasar bebas maka akan dihasilkan ketidakseimbangan perolehan devisa pada dua Negara yang berhubungan. Dalam hal ini diperlukan campur tangan pemerintah dalam bentuk proteksi berupa aturan-aturan tertentu yang sengaja diciptakan untuk keperluan tersebut. Sebagai contoh kadang didapati keadaan dimana ekspor tidak mengalami kegiaan yang berarti atau menurun tetapi impor berkembang dengan sangat pesat. Sebagai akibatnya timbullah kesulitan dalam neraca pembayaran. Untuk mengatasinya pemerintah dapat membuat batasan-batasan terhadap kegiatan impor. Oleh karena impor yang melebihi ekspor dapat menimbulkan masalah yang pada akhirnya mengganggu kestabilan ekonomi, pemerintah harus selalu berusaha agar dalam jangka pajang menyeimbangkan kegiatan ekspor impor.

sumber :

Seva Mobil Bekas Solusi Membeli Mobil Premium Terbaik

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like