Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Uncategorized

EKSPOR DAN IMPOR MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PEREKONOMIAN

EKSPOR DAN IMPOR MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PEREKONOMIAN

EKSPOR DAN IMPOR MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PEREKONOMIAN. Mengapa?

Keduanya memilki pengertian yang sama yaitu transportasi barang atau komoditas dari suat negara kenegara lain. Memang proses yang dilakukan kelihatan sama, tetapi ekspor dan impor memiliki perbedaan dalam kegiatannya.

Ekspor : kegiatan menjual barang atau jasa kenegara lain.

Impor : kegiatan membeli barang atau jasa dari  negara lain.

Dari kegiatan ekspor dan impor, negara mendapatkan keuntungan yaitu menambah penerimaan devisa negara. Perdagangan antara negara memungkinkan eksportir indonesia untuk menjual barang kepada masyarakat luar negeri. Begitu juga dengan kegiatan impor, karena barang-barang impor harus melewati bea cukai negara yang bergerak dibidang pajak, maka barang yang masuk harus membayar pajak ke beacukai.

Selain keuntunan kepada negara ekspor dan impor memiliki keuntungan lainnya seperti:

Ekspor :

  1. Memperluas pasar bagi penduduk indonesia

Kegiatan ekspor merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk indonesia keluar negeri. Contoh batik indonesia, batik indonesia sudah mlai dikenal didunia. Jika permintaa batik diluar negeri meningkat maka produsen batik diindonesia akan semakin luas pemasarnnya. Dengan demikian, kegiatan produksi batik diindonesia akan semakin berkembang.

  1. Memperluas lapangan kerja

Kegiatan ekspor akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Hal ini berhubungan dengan semakin luasnya pasar produk indonesia. Kegiatan produksi didalam negeri akan meningkat. Semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan sehingga lapangan kerja semakin luas.

Impor :

  1. Memperoleh barang dan jasa yang bisa dihasilkan

Setiap negara memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda-beda. Misalnya keadaan alam inonesia tidak bisa menghasilkan gandum, dan amerika tidak bisa menghasilkan kelapa sawit. Perdagangan antar negara akan bisa mendatangkan barang-barang yang belum dapat dihasilkan didalam negeri.

  1. Memperoleh bahan baku

Setiap kegiatan usaha pasi membutuhkan bahan baku. Untuk memproduksi Mobil dibutuhkan besi dan baja. untuk memproduksi ember, mangkuk, dan kursi dibutuhkan plastik. Tidak semua bahan baku produksi tersebut dihasilkan didalam negeri. Mungkin ada yang dihasilkan didalam negeri, tetapi harganya lebih mahal. Demi menjaga produksi, pengusaha harus menjaga pasokan bahan bakunya, salah satu caranya dengan mengimpor bahan bakunya dari luar negeri.

sumber :

Perikanan

Tari-tarian Daerah Papua Barat danTengah

Categories:
Uncategorized
You Might Also Like