Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Definisi atau Pengertian Prestasi Belajar

Definisi atau Pengertian Prestasi Belajar

Definisi atau Pengertian Prestasi Belajar

Definisi atau Pengertian Prestasi Belajar

Istilah prestasi belajar terdiri dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. adapun arti prestasi sendiri adalah “hasil yang dicapai, dilakukan, dikerjakan dan sebagainya. Menurut Mas’ud Khasan Abd. Qodir mengemukakan tentang prestasi adalah: “Apa yang telah didapat, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan bekerja”.

Menurut Syaiful Bahri Djamarah

bahwa prestasi adalah “hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok”. Prestasi merupakan penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan murid yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada mereka serta nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum.

Sedangkan pengertian belajar menurut para ahli pendidikan diantaranya mengemukakan bahwa belajar adalah “Suatu proses kegiatan anak didik dalam menerima, menanggapi serta menganalisa bahan-bahan yang disaji-kan oleh guru yang berakhir pada kemampuan anak menguasai bahan pelajaran yang telah disajikan”.

Pengertian lain mengenai belajar sebagaimana dikemukakan oleh Djusuf Djajadisastra, “Belajar adalah perubahan yang sedang dialami atau hasil yang telah diperoleh yang menyebabkan seseorang individu berubah dari keadaan semula kekeadaan yang baru yang sifatnya kwantitatif maupun kwalitatif lebih tinggi “.

Affifudin SK

mengemukakan tentang definisi belajar “Belajar adalah suatu proses pembentukan tingkah laku yang mengarah kepada penguasaan pengetahuan, kecakapan, ketrampilan, kebiasaan sikap yang semuanya diperoleh disimpan dan dilaksanakan”.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, dapatlah dipahami, bahwa dari banyak definisi mengenai belajar itu hampir semua ada unsur kesamaan yang terkandung didalamnya, yakni adanya perubahan dalam diri seseorang. Sedangkan perubahan itu dapat berupa kecakapan, ketrampilan, sikap, kebiasaan, pengertian, pengetahuan dan lain sebagainya baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya yang lebih tinggi.

Sedangkan prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah penilaian pendidikan yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran sebagai hasil suatu proses belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf, simbol, atau kalimat sebagai bukti keberhasilan belajar siswa.

Prestasi

di sini tidak bisa dihasilkan tanpa seseorang melakukan suatu kegiatan. Dalam kenyataanya untuk mendapatkan prestasi tidak semudah yang kita bayangkan, tetapi penuh perjuangan dengan berbagai tantangan ataupun faktor-faktor yang mempengaruhi, baik dari dalam maupun dari luar yang harus dihadapi untuk mencapainya.

Agar dalam proses belajar dapat dilaksanakan dengan baik, memperoleh prestasi belajar yang baik pula, maka perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga usaha untuk mencapai hasil optimal dari proses belajar dapat diupayakan dengan baik.


baca Juga :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like