Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Biografi Ali bin Abi Thalib

Biografi Ali bin Abi Thalib

Biografi Ali bin Abi Thalib

               Nama lengkapnya adalah Ali bin Abi Thalib ibn Abdul Muthalib bin Hisyam bin Abd Manaf bin Qusay al-Quraisy. Ibunya adalah Fatimah binti Asad bin Hisyam, masuk islam dan ikut hijrah bersama Nabi. Ia lahir dimekah 32 tahun setelah kelahiran Rasulullah atau 10 tahun sebelum bi’tsah ( pengakatan sebagai rasul ). Ali adalah keponakan dan segaligus menantu Nabi dari putri beliau Fatimah. Fatimah adalah satu-satunya putri Rasulullah mempunyai keturunan sampai sekarang.

            Ali bin Abi Thalib adalah termasuk salah seorang yang pertama masuk islam ( as-sabiqun Al-awwalun ) dari kalangan anak-anak ( sekitar berumur 8-10 tahun ),dan termasuk salah seorang sahabat Nabi yang dijanjikan masuk surga. Sejak kecil ia di didik dengan adab dan budi pekerti islam, karna kedekatannya dengan Nabi. Ia oaratur ulung, hidupnya penuh asketis ( al-ulama ar-rahbaniyah rabbana al-ummah ),berani,salah seorang yang banyak meriwayatkan hadist ,pengetahuannya, keagamaannya sangat luas, fatwa-fatwanya menjadi pedoman bagi para khalifah dan sahabat-sahabat pada masa Abu Bakar, Umar dan Utsman.

       B .     Pola Pengangkatan Ali bin Ali Thalib

         Tragedi pembunuhan khalifah Utsman bin Affan yang dilakukan oleh para pemberontak menimbulkan konflik dikalangan kaum muslimin. Hal ini berpengaruh terhadap khalifah berikutnya, yaitu Ali bin Abi Thalib. Hal itu dapat dilihat sesudah Utsman bin Affan terbunuh, Madinah berada di bawah kendali para pemberontak. Kepemimpinan mengalami kekosongan untuk sementara waktu.

          Dalam tragedi genting pasca pembunuhan Ustman bin Affan, beberapa orang yang terindikasi sebagai pembunuh khalifah Utsman bin Affan baik secara langsung maupun tidak. Menunjukan Ali bin Abi Thalib orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam tragedi pembunuhan Utsman bin Affan kebanyakan dari mesira. Mereka mendesak Ali bin Abi Thalib menerima menjabat sebagai khalifah ,pengganti Utsman bin Affan.

          Pengisian pemimpin umat islam sesuatu yang harus dilakukan karena umat islam tidak dapat dibiarkan tanpa pemimpin. Untuk mengisi kekosongan tersebut, para pemberontak yang mengendalikan kondisi Madinah justru berpendapat orang yang pantas menjadi khalifah adalah Ali bin Abi Thalib. Para pemberontak yang mengusai madinah tersebut selanjutnya pergi kerumah Ali bin Abi Thalib. Mereka mendesak Ali bin Abi Thalib untuk menerima jabatan untuk menjadi khalifah.

baca juga :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like