Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

       Perlunya usaha pelayanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan dilatar belakangi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor perkembangan pendidikan itu sendiri, faktor sosio-kultural dan faktor psikologis.

  1. Faktor Perkembangan Pendidikan

Faktor perkembangan pendidikan ditemukan pada kenyataan-kenyataan yang menunjukkan perlunya layanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Demokratisasi Pendidikan

Azas demokratisasi yang dianut dan berkembang sebagai falsafah hidup bangsa di hampir segenap penjuru dunia dewasa ini, telah menyebabkan munculnya demokrasi dalam segala aspek kehidupan, termasuk di dalam aspek pendidikan. Yang sering dikenal dengan istilah “demokratisasi pendidikan”, mengandung pengertian “pemberian kesempatan yang sama kepada setiap individu untuk memperoleh pelayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun badan-badan swasta”.

  1. Perubahan Sistem Pendidikan

Pada faktor ini ditemui kenyataan bahwa banyak para peserta didik yang tidak mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan dan perubahan sisitem pendidikan. Namun mereka tetap dituntut untuk mampu menyesuaikan diri, sedangkan suatu pendidikan akan akan senantiasa berubah dari waktu ke waktu.

Kesulitan dalam penyesuaian diri serta masalah-masalah yang dihadapi para peserta didik inilah yang jelas tidak mungkin dapat diselesaikan oleh para tenaga edukatif (guru/dosen). Oleh sebab itu di lembaga-lembaga pendidikan diadakan pelayanan bimbingan dan konseling yang di tangani oleh tenaga-tenaga yang kompeten.[1]

  1. Perluasan Program Pendidikan

Sehubungan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang dinamis itu, maka perluasan program pendidikan terlihat mengarah pada 3 dimensi, yakni dimensi meniggi, mendatar, dan mendalam.

Dalam program pendidikan ke arah dimensi yang meninggi termasifestasi dalam bertambahnya kesempatan dan kemudahan bagi peserta didik untuk mencapai tingkat pendidikan setinggi mungkin, sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Yang akan menimbulkan kebutuhan terhadap bimbingan dan konseling yakni dalam hal membantu peserta didik dalam memilih sekolah jurusan yang paling tepat untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi.

Sedangkan perluasan program pendidikan ke arah dimensi yang mendatar terlihat dalam pembagian jenis sekolah dalam berbagai jurusan khusus dan sekolah kejuruan.

Adapun perluasan program pendidikan ke arah dimensi yang mendalam termanifestasi dalam meningkatkan kesukaran hidup yang menuntut seseorang untuk menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang matang untuk menghadapi segala tantangan dalam hidupnya.

  1. Faktor sosial kultural

Faktor ini muncul sebagai akibat dari perubahan sosial dan budaya yang menimbulkan kesenjangan antara satu golongan dengan golongan lain.

  1. Faktor psikologi

Dari segi psikologis anak adalah pribadi yang sedang berkembang yang menuju kearah kedewasaan, perubahan tersebut menyebabkan berada dalam keadaan yang sulit. Untuk itu, mereka perlu mempersiapkan diri dari segala intelektual emosional.[2]

baca juga

https://bobhenneman.info/seva-mobil-bekas/

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like