Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Kuliner

Batuan Sedimen

Batuan Sedimen

Batuan endapan atau batuan sedimen adalah salah satu dari tiga kelompok utama batuan (bersama dengan batuan beku dan batuan metamorfosis) yang terbentuk melalui tiga cara utama: pelapukan batuan lain (clastic); pengendapan (deposition) karena aktivitas biogenik; dan pengendapan (precipitation) dari larutan. Jenis batuan umum seperti batu kapurbatu pasir, dan lempung, termasuk dalam batuan endapan. Batuan endapan meliputi 75% dari permukaan bumi.

Batuan sedimen batuan yang tejadi akibat lithifikasi dari hancuran batuan lain (destritus atau lithifikasi) dari hasil reaksi kimia tertentu. Lithifikasi adalah proses yang meliputi: kompaksi, autigenik, diagenesa, yaitu  terubahnya material batuan yang bersifat lepas (uncosolidate rock forming materials) menjadi batuan yang kompak (uncosolidate coherent rock). Batuan ini dibentuk oleh proses-proses yang terjadi di permukaan bumi, oleh Koesoemadinata (1979) telah membedakan menjadi lima golongan, antara lain golongan destritus yang terbagi atas destritus halus dan dentritus kasar. Golongan karbonat yaitu golongan ini terutama disusun oleh kelompok mineral karbonat (misal: kalsit, dolomit, aragonoit) dan cangkang-cangkang binatang karang. Golongan evaporit yaitu golongan batuan ini diberikan terhadap batu garam karena asal terjadinya disebabkan oleh proses evaporasi air laut (Koesoemadinata, 1979). Golongan sedimen silika termasuk golongan ini adalah juga batuan yang bersifat monomineralik dan umumnya tersusun oleh mineral silika, terbentuk secara sedimentasi kimiawi atau organik. Golongan batubara yaitu golongan terbentuk oleh adanya akumulasi zat-zat organik yang kaya akan unsur C (karbon). Umumnya terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Termasuk jenis sedimentasi organis.

Batuan sedimen memiliki material pembentuk batuan yang bersifat lepas dan batuan ini dibentuk oleh proses-proses yang terjadi di permukaan bumi. Contoh batuan sedimen adalah batu rijang, batu tufa gelas, batu gamping, batu pasir, batu lempung, batu konglomerat, batu breksi dan batu bara

  1. Batuan Metamorf

Batuan metamorf (atau batuan malihan) adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya, protolith, oleh suatu proses yang disebut metamorfisme, yang berarti “perubahan bentuk”. Protolith yang dikenai panas (lebih besar dari 150°C) dan tekanan ekstrem akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar. Protolith dapat berupa batuan sedimenbatuan beku, atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Beberapa contoh batuan metamorf adalah gneisbatu sabakbatu marmer, dan skist.

Protholite sendiri dapat berupa batuan beku, batuan sedimen, maupun batuan metamorf lain yang lebih tua. Syarat – syarat terjadinya metamorfisme adalah :

  1. Adanya batuan asal ( protolith )
  2. Adanya peningakatan suhu
  3. Adanya peningkatan tekanan (stresses)
  4. Adanya penambahan dan pengurangan fluida
  5. Adanya faktor waktu (jutaan tahun)’
  1. Standar Kompetensi Kebidanan
  2. Landasan Hukum Wewenang Bidan
  3. Bakteri yang Menguntungkan
  4. 9 Ciri-Ciri Bakteri
Categories:
Kuliner
You Might Also Like