Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Koruptorindonesia.co.id Situs teknologi online terlengkap yang membahas berbagai jenis gadget teknologi seperti Smartphone, PC dan teknologi terbaru lainnya.

Pendidikan

Alat Dan Bahan Pada Seni Lukis

Alat Dan Bahan Pada Seni Lukis

Alat Dan Bahan Pada Seni Lukis

Alat Dan Bahan Pada Seni Lukis

  1. Kuas

Kuas untuk melukis ukurannya bermacam-macam. Biasanya ada nomor urutannya, disarankan untuk mencari kuas yang berkualitas baik.  Di ujung sikat kuasnya, bewarna cream.


  1. Palet

Tempat untuk menampung, dan mecampurkan warna cat minyak. Pelukis biasanya memilih palet yang permukaannya licin, karena tidak akan menyerap minyak.

  1. Kanvas

Kanvas adalah salah satu media lukis dengan menggunakan cat minyak, terdapat berbagai ukuran dan ada juga yang berupa kanvas yang masih berupa gulungan, biasanya kanvas gulungan harganya lebih murah.


  1. Tinner

Tinner digunakan untuk membersihkan kuas yang sudah bercampur dengan warna sehingga menjadi lebih bersih kembali dan mudah bila ingin menggunakan kuas kembali.

  1. Standing/Easel

Alat ini digunakan agar kanvas tegak dan tidak bergerak kemana-mana (tidak goyang)


  1. Pisau Palet

Pisau palet digunakan untuk meratakan cat minyak dan membuat efek pada lukisan.

Dalam melukis, bahan melukis dibagi menjadi dua:

  1. Cat/Tinta

Sebenarnya, bahan melukis tidak hanya sebatas pada cat atau tinta, karena pada dasarnya semua bahan (baik yang alami ataupun buatan) yang sifatnya cair atau berbentuk pasta dapat digunakan untuk melukis. Contohnya: tanah liat, getah pohon, dll.


Namun seiring perkembangan zaman, terdapat juga bahan-bahan yang secara khusus dibuat untuk melukis. Contohnya: Cat minyak, cat air, cat akrilik, cat poster, cat tembok, cat besi/kayu, tinta bak atau tinta cina,  cat tekstil, pastel/oil pastel/crayon, dll.


  • Cat Minyak

Cat minyak terdiri atas partikel-partikel pigmen warna yang diikat (direkat) dengan media minyak.

Kelebihan cat minyak:

  1. Pigmen warna cat minyak lebih cemerlang
  2. Gradasi warna yang bisa dicapai oleh cat minyak pada skala gradasi paling besar.
  3. Ketahanan terdapat waktu lebih awet.

Kekurangan cat minyak:

  1. Membutuhkan waktu yang lama untuk kering.
  2. Baunya tajam dan menyengat
  3. Harga cat minyak lebih mahal dari cat-cat yang lain.
  4. Pada warna putih akan berubah menjadi kekuningan. Jika kena udara lembab dan akan kembali menjadi warna.

  • Cat Air

Cat air/ aquarel adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan. Bidang lukisan yang digunakan dalam menggunakan cat air dapat berupa kertas, papyrus, plastik, kulit, kain, kanvas, dll.


Baca Juga :

Categories:
Pendidikan
You Might Also Like