TUGAS MARKETING DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK

TUGAS MARKETING DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK

TUGAS MARKETING DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK

TUGAS MARKETING DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK

Setelah membuat suatu produk ataupun jasa

tugas marketing selanjutnya adalah menentukan ketetapan harga produk. Harga dari produk yang akan dipasarkan harus disesuaikan dengan keadaan persaingan produk serupa.

Jangan jauh berbeda dengan harga di pasaran, sebaiknya harga produk mendekati dari harga produk yang laku di masyarakat. Harga tersebut akan memiliki peran penting dalam memengaruhi prosen penjualan produk tersebut.

Dalam menetapkan harga, harga jangan dipatok terlalu tinggi karena akan sulit dijangkau oleh sebagian besar konsumen dan konsumen menjadi tidak tertarik dan enggan mencoba produk tersebut. Sebaliknya juga jangan terlalu rendah di bawah harga pasar, karena akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan dan menimbulkan anggapan negatif dari konsumen.

Jika produk memiliki segmentasi pasar yang spesifik, harga dapat disesuaikan dengan kemampuan beli masyarakat yang termasuk ke dalam segmentasi pasar.

Biaya usaha juga menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan harga. Biaya-biaya tersebut harus dihitung semua, seperti cost yang digunakan untuk membuat produk tersebut, biaya operasional dan lain lain. Sehingga nantinya hasil dari penjualan tersebut dapat menutupi semua biaya yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu, biaya harus selalu diperhatikan dalam setiap aspek perencanaan.


Sumber: https://office1.co.id/2020/04/28/neo-angle-apk/