CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)

CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)

CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)

—  Sebuah piringan kompak dari jenis piringan optic (optical disk) yang dapat menyimpan data.
—  Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB
—  Sebagai media penyimpan data yang sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. atau sekitar 64.000 halaman kertas ukuran A4.
—  bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).
—  CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)
—  Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
—  Compact Disk Rewritable, yakni sebuah media penyimpanan cakram berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi untuk ditulisi lagi  (menyimpan data).
—  Compact Disk Read/Write, yakni sebuah alat komputer yang mampu menulisi sebuah compact disk recordable (CD-R).

·         Cakram Blu-Ray

—  Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi.
—  Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini.
—  Dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak.
—  Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama.
—  Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.
—  Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.
—  DVD
—  Sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
—  Pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.
—  Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna back-up DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.
—  DVD- RW
—  Cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB.
—  Dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder.
—  Bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
sumber :