RUMPUT LAPANGAN SEPAK BOLA

RUMPUT LAPANGAN SEPAK BOLA

RUMPUT LAPANGAN SEPAK BOLA

RUMPUT LAPANGAN SEPAK BOLA

Contoh kekuatan rumput ini seperti elastisitas, kerapatan, kemampuan menahan beban, dan kemampuan memulihkan diri. Adapun jenis rumput yang dimaksud adalah:

1. ZOYSIA MATRELLA

Nama lain dari Zoysia Matrella ini adalah rumput manila. Rumput ini adalah rumput yang paling baik digunakan dalam lapangan sepak bola.

Dari segi warna, rumput ini memiliki warna hijau yang sangat pekat diantara kedua jenis rumput lainnya. Tingkat elastisitas rumput ini sangat baik dan tekstur ataupun kerapatannya sangat cocok sekali untuk lapangan sepak bola.

Kekuatan pada akar rumput juga baik sekali. Tetapi menjaga dan mengelola rumput yang berkualitas ini membutuhkan pengorbanan yang tinggi juga.

Merawat rumput ini agar tetap baik begitu sulit dan mahal. Kualitas tinggi pasti sebanding dengan harga juga tentunya. Rumput manila ini terbilang mahal, harga permeter perseginya adalah 80 ribu rupiah.

2. CYNODON DACTYLON

Rumput berjenis Cynodon Dactylon ini dijuluki dengan rumput bermuda. Jika jenis rumput di atas masih terbilang mahal menurut anda.

Maka jenis rumput ini bisa menjadi pertimbangan, karena kualitasnya yang hamper sama dengan rumput manila. Tetapi kekurangan pada rumput ini adalah pada kekuatan akarnya. Akar rumput jenis ini tidak sekuat dengan rumput manila.

Jika rumput terlalu sering diinjak-injak, maka rumput akan terangkat keatas permukaan lapangan. Oleh karena itu jenis rumput ini sering digunakan pada lapangan golf.

Untuk segi warna, rumput bermuda hampir sama dengan jenis sebelumnya, tetapi tidak sepekat rumput manila. Dari segi perawatan, rumput ini juga harus membutuhkan perawatan tingkat tinggi.

Karena kualitas rumput ini tidak sama dengan rumput manila harga untuk rumput ini sekitar 60 ribu rupiah per meter persegi.

Walaupun tidak semahal dengan harga rumput manila, tetapi wajib anda pertimbangkan dengan baik. Karena perawatannya juga yang hamper sama dengan rumput jenis Zoysia Matrella.

3. AXONOPUS COMPRESSUS

Rumput jenis ini sangat asing Namanya tetapi sering ditemui. Rumput berjenis Axonopus Compressus sering disebut dengan rumput gajah.

Rumput masih dapat ditemui di alun-alun, taman, dekat rumah ataupun kebun. Apakah anda sering menemuinya ?

Sebenarnya rumput ini memiliki jenis akar yang baik untuk digunakan pada lapangan sepak bola.

Kelemahan dari rumput ini terdapat pada bentuk daunnya yang terlalu lebar jika dibandingkan dengan dua jenis rumput yang sudah disebutkan sebelumnya. Daun yang lebar akan menyebabkan rumput lebih mudah rusak terkena sepatu.

Bentuk daun yang lebar ini juga menyebabkan elastisitas rumput menjadi kurang baik. Hal ini sangat berpengaruh dengan kelajuan gerak bola di lapangan.

Sedangkan dalam segi warna, rumput gajah ini memiliki warna hijau yang lebih baik. Tetapi warna rumput itu berpengaruh dengan cara perawatan yang dilakukan.

Apabila perawatan yang dilakukan buruk, maka warna rumput akan berubah menjadi pucat. Jika mengenai harga, sudah jelas harga rumput gajah ini berbeda jauh dibandingkan dengan jenis rumput yang telah disebutkan di atas.

Harga rumput ini per meter persegi adalah 35 ribu rupiah. Untuk biaya perawatan rumput gajah ini juga tidak terlalu mahal.


Baca Juga :