Kontaminasi Mikroba Pada Bahan Pangan

Kontaminasi Mikroba Pada Bahan Pangan

Kontaminasi Mikroba Pada Bahan Pangan

Kontaminasi Mikroba Pada Bahan Pangan

  • Kontaminasi Mikroba Yang Berasal Dari Tanah

Tanah mengandung berbagai macam mikroorganisme yang bisa menjadi sumber kontaminasi. Jika para ahli mikrobiologi ingin mencari jenis atau strain baru dari mikroorganisme untuk maksud tertentu, biasanya mereka pertama kali mencarinya di dalam tanah. Tidak hanya beberapa jenis saja melainkan dalam jumlah yang besar ditemukan mikroorganisme di dalam tanah yang subur, yang bisa saja mengkontaminasi tanaman yang tumbuh pada tanah tersebut.


  • Kontaminasi Mikroba yang berasal dari air

Air di alam tidak hanya mengandung flora normal tetapi juga mengandung mikroorganisme yang berasal dari tanah dan berkemungkinan juga berasal dari kotoran hewan. Permukaan air sungai atau kolam dan air yang ada pada dasar danau dan kolam besar kemungkinan terdapat berbagai macam mikroorganisme dalam satuan juta per mm setelah terjadinya hujan badai yang jumlahnya lebih banyak dari pada danau dan kolam itu dalam keadaan diam atau tidak terjadi hujan badai. Air tanah setelah musim semi akan keluar melalui lapisan tanah dan bebatuan : sebab banyak bakteri yang hidup pada air tersebut, jumlah bakteri dalam air ini berkisar beberapa ratus per millimeter.


  • Kontaminasi Mikroba Dari Udara

Makanan yang terkontaminasi dari udara mempunyai peranan penting terhadap sanitasi dengan alas an ekonomi. Organisme yang mengandung penyakit, terutama yang dapat menyebabkan infeksi pada system pernafasan atau pada makanan yang menyebabkan kontaminasi. Jumlah mikroorganisme dalam makanan yang bisa saja berasal dari udara terutama apabila udara digunakan sebagai aerasi pada produk makanan, walupun organisme masuk secara sedimentasi dari udara selalu tidak menjadi perhatian. Spora jamur dari udara menyebabkan masalah pada keju, daging, susu yang dipadatkan, roti potong dan lemak babi.


Baca Juga :