Dalam Bidang Pemerintahan

Dalam Bidang Pemerintahan

Dalam Bidang Pemerintahan

Dalam Bidang Pemerintahan
Dalam Bidang Pemerintahan

E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. DiIndonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim KoordinasiTelematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan danmempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaanteknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.

E-goverment dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah danmasyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkanintrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online.Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik,surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

3. Dalam Bidang Bisnis

E-commerce: Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangandilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim. Bahkandapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (software), erbankan, perpajakan, dan banyak lagi. Ecommerce juga memiliki istilah lain, yaknie-bussines.

Untuk mengetahui kebutuhan user dalam pemenuhan kebutuhan informasi yang diinginkan dengan cara melihat pada layanan-layanan yang ada pada telematika seperti:

a. Layanan informasi: menggabungkan suatu sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak, contohnya internet servis.

b. Layanan keamanan (Security Service): memberikan fasilitas yang berfungsi untuk untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya, salah satu contohnya navigation assistant

c. Layanan Context-Aware dan Event-base (Context-Aware Service): kemampuan sistem yang dapat memahami user, network, lingkungan, dan dengan pemahaman tersebut dapat melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan user.

d. Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service): sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.

Baca Juga :