Ribuan Orangtua Calon PDB Was-was

Ribuan Orangtua Calon PDB Was-was

Ribuan Orangtua Calon PDB Was-was

Ribuan Orangtua Calon PDB Was-was
Ribuan Orangtua Calon PDB Was-was

Ribuan orangtua calon peserta didik baru (PDB) tahun pelajaran 2018/2019, mulai khawatir.

Karena posisi anaknya pada hari pertama pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online, tingkat satuan pendidikaan di 20 SMP Negeri yang ada di Kota Bogor, Sabtu lalu, sudah mulai tergeser. Padahal, waktu PPDB masih tersisa dua hari lagi.

“Sudah pasti, kami merasa was-was. Mengingat, pada hari Sabtu kemarin, posisi nilai ujian nasional terendah yang telah mendaftar di SMP Negeri 8 itu mencapai angka 24 lebih. Kalau gak salah, angka sebesar itu sudah di posisi ratusan pendaftar. Sementara, kouta yang akan diperebutkan di sekolah tersebut tinggal sekitar 172. Karena, sudah terpotong dengan jatah jalur apirmasi sekitar 30 persen dan jatah luar kota 10 persen,” ujar salah seorang warga Cibuluh Ny. Linda S, kepada Metropolitan, usai mendaftarkan anaknya di SMPN 8.

Begitu juga disampaikan orangtua calon PDB, usai mendaftarkan anaknya di SMPN 15

Kata Ny. Intan. Ia juga merasa was-was, walaupun nilai UN anaknya 23 lebih dan ditambah skor zonasi untuk diterima di sekolah tersebut. “Memang saya was-was, apalagi melihat posisi sementara anak saya. Karena, waktu pendaftaran masih tersisa dua hari lagi. Sementara, siswa lulusan SD di zonasi 1 cukup banyak. Yah, walaupun demikian saya berharap, diterima,” pungkasnya.

Sementara itu, Jajang Koswara, Panitia PPDB Kota Bogor 2018 mengakui, adanya lonjakan pendaftar pada hari pertama. Jumlah pendaftar sudah mencapai ribuan orang di 20 SMPN yang ada di Kota Bogor.

“Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, hanya memberikan jatah 9 kelas kepada setiap SMPN

atau 288 bangku. Sedangkan jumlah lulusan SD Kota Bogor pada tahun ini mencapai 17.598 siswa. Itu belum lagi yang mendaftar dari luar kota,” ujarnya, ketika dihubungi, kemarin, seraya mengingatkan kepada panitia PPDB tingkat sekolah, supaya tidak menolak calon peserta didik baru, saat mereka mendaftarkan diri.

 

Baca Juga :