Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi
Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi laporan keuangan meliputi tujuan umum dan tujuan kualitatif.

A. Tujuan Umum

Tujuan umum akuntansi laporan keuangan dapat dinyatakan menjadi :
Informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan sumber ekonomi netto perusahaan yang timbul dari kegiatan untuk mendapatkan laba.
Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai aktiva perusahaan, Kewajiban dan Modal.
Membantu pemakai dalam memperkirakan potensi perusahaan untuk menghasilkan laba.
Memberikan informasi yang penting lainnya mengenai perubahan sumber ekonomi dan kewajiban seperti informasi aktivitas belanja.
Mengungkapkan informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan para pemakai laporan keuangan.

B. Tujuan Kualitatif

Tujuan kualitatif akuntansi laporan keuangan adalah sebagai berikut:

Bca juga: Kata Serapan

Relevan
Dapat dimengerti
Daya uji
Netral
Tepat waktu
Daya banding
Lengkap
Pengertian masing-masing tujuan akuntansi laporan keuangan dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Relevan

Biasanya relevansi informasi dihubungkan dengan maksud penggunaannya karena jika informasi tersebut tidak relevan maka informasi tersebut tidak ada gunanya bagi pemakai informasi. Terkadang suatu informasi memiliki tingkat relevansi yang tinggi untuk satu pengguna tetapi belum tentu untuk pengguna yang lainnya.

2. Dapat dimengerti

Informasi harus dapat dimengerti yang disesuaikan dengan batas pengertian para pemakainya, sehingga pemakai diharapkan memiliki kemampuan mengenai hal aktivitas perusahaan, proses akuntansi dan laporan keuangan.

3. Daya Uji

Untuk meningkatkan manfaatnya, maka harus dapat diuji kebenarannya oleh pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama, namun hal ini bersifat subyektif.
4. Netral
Informasi harus untuk kepentingan umum pemakai, tidak boleh hanya untuk kebutuhan atau keinginan pihak tertentu saja.
5. Tepat waktu
Hal ini ditujukan agar dapat secepat mungkin digunakan dan menghindari tertundanya suatu keputusan hanya karena tidak tepat waktu.
6. Daya saing
Laporan akan lebih bermanfaat jika disajikan secara komparatif, misalnya dibandingkankan dengan tahun sebelumnya atau misalnya dibandingkan dengan laporan keuangan dengan perusahaan yang sejenis pada tahun yang sama.
7. Lengkap
Tujuan akuntansi ini dimaksudkan bahwa tidak hanya menghendaki pengungkapan fakta keuangan yang penting saja melainkan juga menghendaki penyajian fakta tersebut sedemikian rupa sehingga tidak menyesatkan bagi para pemakainya.