Laporan Keuangan Rugi Laba

Laporan Keuangan Rugi Laba

Laporan Keuangan Rugi Laba

Laporan Keuangan Rugi Laba
Laporan Keuangan Rugi Laba

Laporan Rugi Laba menunjukkan pendapatan dan biaya dari unit usaha dalam satu periode tertentu. Selisih dari pendapatan dan biaya merupakan laba jika pendapatan lebih besar dibandingkan dengan biayanya dan disebut rugi jika labanya negatif karena biaya yang terjadi lebih besar dari pendapatan yang diperolehnya.

Bentuk laporan keuangan rugi laba ada dua macam yaitu :

a). Single Step

Laporan keuangan bentuk ini tidak dilakukan pengelompokan pendapatan dan biaya ke dalam kelompok usaha dan di luar usaha tetapi hanya dipisahkan antara pendapatan-pendapatan dan laba, biaya-biaya dan kerugian.

Baca juga: PPKI

b). Multiple Step

Laporan keuangan bentuk ini dilakukan pengelompokan terhadap pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya yang terjadi sehingga dapat diperoleh perhitungan mengenai laba bruto, penghasilan usaha bersih, penghasilan bersih sebelum pajak, penghasilan bersih sesudah pajak, dan dapat menghitung penghasilan bersih dan elemen luar biasa.

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal berguna untuk meringkas kegiatan pembelanjaan dan investasi dan berguna untuk melengkapi penjelasan tentang perubahan dalam posisi keuangan selama satu periode akuntansi.

Laporan Keuangan Arus Kas

Tujuan utama dari Laporan Keungan Arus Kas adalah untuk menyajikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas suatu perusahaan selama satu periode akuntansi. Adapun pengelompokan kegiatan dalam laporan ini terbagi menjadi 3 macam yaitu dari kegiatan investasi, kegiatan pembelanjaan dan kegiatan usaha.
– Aliran kas dari kegiatan usaha misalnya penerimaan uang dari pelanggan, penerimaan bunga, penerimaan deviden, membayar utang gaji, dll
– Aliran kas dari kegiatan investasi misalnya pembelian/penjualan Mesin, dll.
– Aliran kas dari kegiatan pembelanjaan misalnya penjualan obligasi, emisi saham,dll.