Asersi Manajemen

Asersi Manajemen

Asersi Manajemen

Asersi Manajemen
Asersi Manajemen

Asersi merupakan pernyataan manajemen yang terkandung di dalam komponen laporan keuangan. Pernyataan tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan penggolongan dasar sebagai berikut:

1. Keberadaan atau keterjadian
2. Kelengkapan
3. Hak dan Kewajiban
4. Penilaian atau alokasi
5. Penyajian dan pengungkapan

Keterangan:

Asersi tentang keberadaan atau keterjadian

berhubungan dengan apakah aktiva atau hutang ada pada ada pada tanggal tertentu. Misalnya management mencantumkan persediaan produk jadi di neraca adalah tersedia untuk dijual.

Asersi tentang kelengkapan

berhubungan dengan apakah semua transaksi dan akun yang seharusnya disajikan dalam laporan keuangan dicantumkan di dalamnya. Contoh semua hutang yang tercantum di neraca adalah mencakup semua kewajiban kepada pemasok.

Asersi tentang hak dan kewajiban

berhubungan dengan apakah aktiva merupakan hak perusahaan dan hutang merupakan kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu. Contoh Utang sewa guna usaha merupakan cerminan dari kewajiban perusahaan.

Asersi tentang penilaian atau alokasi

berhubungan dengan apakah komponen-komponen aktiva, kewajiban, pendapatan dan biaya sudah dicantumkan dalam laporan keuangan pada jumlah yang semestinya. Contohnya aktiva tetap dicatat berdasarkan harga perolehannya dan perolehan semacam itu secara sistematik dialokasikan pada periode yang semestinya, hal ini sesuai ASUMSI dan KONSEP DASAR AKUNTANSI mengenai prinsip biaya historis.

Asersi tentang penyajian atau pengungkapan

di dalam memperoleh bukti audit yang mendukung asersi dalam dalam laporan keuangan, auditor independen merumuskan tujuan audit spesifik ditinjau dari sudut asersi tersebut. Dalam merumuskanya hendaknya memperhatikan kondisi khusus di perusahaan tersebut. Contoh asersi yang berhubungan dengan saldo persediaan yang dapat dirumuskan oleh auditor bahwa kuantitas persediaan mencakup seluruh produk jadi, bahan baku dan bahan pembantu.

Baca juga: