SMKN 14 Bandung Adakan Seleksi VIERA

SMKN 14 Bandung Adakan Seleksi VIERA

SMKN 14 Bandung Adakan Seleksi VIERA

SMKN 14 Bandung Adakan Seleksi VIERA
SMKN 14 Bandung Adakan Seleksi VIERA

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 14 Bandung mengadakan ujian seleksi Vocational Institutional English Readiness Asessment (VIERA) di Laboratorium Komputer SMKN 14 Bandung, Jln. Cijawura Hilir No. 341, Kota Bandung, Kamis (23/5/2019). Ujian tersebut diikuti siswa kelas XI untuk mendapatkan sertifikat penguasaan berkomunikasi bahasa Inggris bertaraf internasional melalui Test of English for International Communication (TOEIC).

Koordinator Pelaksana Ujian, Hutasuhut Genderia Sari mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Educational Testing Service (ETS), lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat penguasaan berkomunikasi bahasa Inggris.

“Kita sudah aktif sejak 2016. Juga pernah menjadi sekolah induk bagi sekolah lain

dalam proses pelaksanaan ujian,” ujar guru bahasa Inggris tersebut.

Ia menjelaskan, siswa akan mengikuti proses seleksi bertahap untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jika telah lulus seleksi VIERA di tingkat satuan pendidikan dengan jumlah minimal 10 orang maka siswa akan mengikuti seleksi TOEIC yang diselenggarakan langsung oleh pihak ETS. Jika lulus, selain akan mendapatkan sertifikat, para siswa juga berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar bertajuk “Sakura Exchange Program in Science”.

“Setelahnya akan diseleksi lagi, seperti wawancara menggunakan bahasa Inggris dan membuat konten video berbahasa Inggris,” katanya.

Gende mengatakan, sekolah ini menjadi sekolah rujukan dalam proses pelaksanaan ujian VIERA. Setelah konsisten melaksanakan ujian selama 3 tahun, SMKN 14 telah menjadi sekolah induk bagi sekolah lain yang baru saja mengadakan ujian.

Melalui ujian tersebut, Gende berharap mampu memberikan bekal bagi siswa

berupa sertifikasi penguasaan bahasa Inggris untuk dimanfaatkan dengan baik ketika lulus kelak. “Semoga, tahun ini yang lolos lebih banyak agar semua bisa tersertifikasi. Jadi, siswa tidak hanya berbekal kompetensi keahlian,” harapnya.

Wakil Kepala SMKN 14 Bandung Bidang Kurikulum, Aji Supojo Putro mendukung penuh kegiatan tersebut. Menurutnya, kemampuan berbahasa Inggris menjadi modal penting dalam kehidupan masa kini. “Penting sebagai bahasa pergaulan dunia, juga sebagai sumber pengetahuan,” ujarnya.

Ali menegaskan, ini merupakan komitmen sekolah untuk membekali siswanya

agar percaya diri dan mampu bersaing di tengah-tengah masyarakat. “Ibaratnya, kita beri mereka alat dan amunisi untuk mempersiapkan diri setelah lulus,” ucapnya.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/