ETIKA MENULIS DI INTERNET

ETIKA MENULIS DI INTERNET

ETIKA MENULIS DI INTERNET

 

 

ETIKA MENULIS DI INTERNET

 

ABSTRAK

 Saat ini internet adalah suatu yang sangat diperlukan semua manusia,baik kalangan pebisnis,mencari berita ataupun hanya sekedar membuka jejaring sosial.Namun terkadang tidak semua kalangan memahami etika menulis di internet yang baik.karena beretika menulis di internet yang baik dan bijaksana harus kita pahami,agar tulisan kita bermanfaat untuk orang lain.

PENDAHULUAN

Didasari dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan didorong dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat dengan keterbatasan ruang dan waktu maka terbentuklah sebuah media yang dapat mempermudah masyarakat untuk menjalin komunikasi dan berinteraksi, yaitu media Internet yang sering disebut dengan dunia maya. Dunia firtual ini atau dunia maya merupakan dunia kedua setelah dunia nyata.untuk melakukan segala rutinitas dan aktifitas yang tidak memungkinkan kita berada di dua tempat sekaligus.

Pengertian etika

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq. Nilai mengenai benar atau salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

menurut kamus besar Bahasa Indonesia ,1989 , etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral.

Etika sebenarnya lebih banyak bersangkutan dengan prinsip prinsip dasar pembenaran dalam hubungan tingkah laku manusia. Berdasarkan beberapa pemikiran di atas etika menurut Bartens sebagaimana dikutip oleh Abdul Kadir, memberikan tiga arti etika yaitu :

  1. Etika dipakai dalam arti kumpulan asas dan nilai moral, yang dimaksud isi adalah kode etik
  2. Etika dipakai dalam arti nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Arti ini dapat juga disebut sistem nilai dalam hidup manusia perseorangan atau hidup bermasyarakat
  3. Etika dipakai dalam arti ilmu tentang yang baik dan buruk. Arti disini sama dengan filsafat moral

METODOLOGI PENELITIAN

Menggunakan data sekunder karena data diambil dari beberapa buku dan beberapa referensi lainnya di internet.

PEMBAHASAN

Menulis di internet kita di hadapkan pada aturan-aturan yang wajib kita patuhin,kita tidak serta merta menulis dan harus menaati aturan dan undang-undang yang berlaku.Kita akan membahas anturan atau undang-undang yang berlaku di internet.

– Kesan Pertama di Tangan Anda

Di dunia nyata, orang seringkali menilai seseorang dari penampilan, sebelum mengetahui perangai yang sebenarnya. Oleh karena itu, banyak yang mengutamakan penampilan untuk mendapatkan kesan terbaik.

Tangan Anda akan menghasilkan tulisan yang memberikan kesan pada orang lain. Tulisan yang ringkas, jelas, tetapi menggunakan tata bahasa yang benar akan lebih dihargai daripada tulisan yang asal ketik. Di Internet, editor tulisan Anda adalah Anda sendiri. Pengetahuan dasar tata bahasa akan menjadi modal Anda ketika ber-internet.

– Hindari Penggunaan Huruf Kapital

Menggunakan huruf kapital (uppercase) tidak dilarang. Tetapi jika berlebihan, misalnya sampai satu alinea, apalagi diimbuhi dengan tanda seru, orang akan malas membacanya. Huruf kapital juga seringkali dianalogikan pada suasana orang yang sedang emosi, marah, atau berteriak-teriak. Jadi, gunakan huruf kapital hanya untuk penegasan pada kata tersebut.

– Memberi Judul dengan Jelas

Ketika mengirim sebuah email, Anda harus memberikan judul pada email tersebut. Seperti halnya tulisan pada koran atau majalah, judul harus menggambarkan isi tulisan. Judul inilah yang pertama kali dilihat oleh penerima email. Judul seperti “Mau Bertanya”, “Tanggapan”, dan sebagainya, cenderung diabaikan karena tidak spesifisik.

– Menggunakan BCC daripada CC pada Email

Alamat email adalah bagian privasi seseorang. Beberapa orang mungkin kurang suka jika alamat email-nya disebarkan kepada umum. Mengirim email ke banyak alamat menggunakan CC memungkinkan penerima mengetahui setiap alamat email yang kita kirim. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan BCC jika mengirimkan email secara masal.

-. Membalas Email dengan Cepat

Idealnya membalas email paling lambat 24 jam setelah email itu diterima. Jika belum sempat membalas, beritahu pengirim bahwa kita akan membalasnya di kemudian hari.

-. Membaca Dulu, Baru Bertanya

Ada kalanya kita ikut bergambung pada sebuah forum diskusi di internet yang membahas salah satu bidang ilmu. Setiap pertanyaan dan jawaban pada forum selalu diarsipkan untuk dibaca kembali oleh anggota forum. Usahakan agar kita membaca dulu apa yang sudah dibahas pada forum tersebut sebelum bertanya.

-. Tidak Mengirim File yang Terlalu Besar

Kecepatan untuk akses Internet berbeda-beda. Oleh karena itu, pertimbangkan juga jika akan mengirimkan file. File dengan ukuran lebih dari 5 MB akan memperlambat proses download. Gunakan program kompresi file jika diperlukan.

-. Menggunakan Kutipan

Di Internet, kutipan diperlukan bila kita membalas suatu email atau memberi tanggapan pada milis. Contohnya:

Balasan tanpa kutipan:

Ya, saya akan datang.

Balasan dengan kutipan:

> Saya mengundangmu datang ke Bandung minggu ini.

Ya, saya akan datang.

– Tidak Hanya Copy-Paste

Internet memungkinkan siapapun untuk mengambil konten dengan mudah dan cepat. Konten yang kita ambil tersebut, misalnya sebuah artikel, tentunya hasil jerih payah orang lain ketika menulisnya. Catatlah nama penulis serta URL tempat tulisan tersebut, dan cantumkan ketika kita menggunakannya sebagai referensi.

– Kembali pada Diri Sendiri

Perilaku kita berinternet memang tak akan ada yang memantau. Di ruangan tanpa tatap muka, siapapun bisa berbuat berdasarkan kehendaknya. Seringkali kita menemukan informasi palsu, kata-kata tak senonoh, dan perilaku lainnya yang kurang pantas secara etika.

Di Internet juga terdiri dari kumpulan pengguna Internet yang entah ada di mana, berapa umurnya, bagaimana wataknya, dan sebagainya. Menghadapi dunia macam ini, semestinya kita berlapang dada. Ada baiknya juga bertanya pada diri sendiri, kita ingin diperlakukan seperti apa dan apa yang kita lakukan kepada orang lain.

Berikut ini adalah pelajaran-pelajaran penting yang dapat diterapkan, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi di dunia maya, antaralain:

Kita cuma bertegur sapa dalam tulisan, bukan fisikal.

Bertindak sopan itu selalu lebih baik

Mengikuti adat istadat setempat.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulannya adalah kita harus mentaati etika berinternet yang baik. Avertebrata Sebab tulisan kita bisa diakses dengan sangat mudah di dunia maya.

Saranya adalah setelah memahami etika berinternet yang baik,kita harus lebih bijaksana dalam menulis atau memposting di didunia maya baik di jejaring social atau pun di forum-forum online,hindarilah kata-kata yang mengandung SARA,pornografi dan hal-hal negative yang dapat merugikan kita serta orang lain.