Papan Informasi Asian Games 2018 Utamakan Bahasa Indonesia

Papan Informasi Asian Games 2018 Utamakan Bahasa Indonesia

Papan Informasi Asian Games 2018 Utamakan Bahasa Indonesia

Papan Informasi Asian Games 2018 Utamakan Bahasa Indonesia
Papan Informasi Asian Games 2018 Utamakan Bahasa Indonesia

Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) terus mengupayakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, salah satunya dalam gelar olimpiade olahraga se-Asia, Asian Games 2018. Badan Bahasa memberikan pendampingan kepada panitia Asian Games 2018 untuk melakukan pemadanan kata bahasa Inggris ke Bbahasa Indonesia dalam setiap papan informasi Asian Games 2018 di ruang publik.

Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa, Gufran Ali Ibrahim mengatakan

, penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Berdasarkan pasal 32 ayat (1) undang-undang tersebut, bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia.

“Papan informasi pengumuman atau penunjuk jalan yang berkaitan dengan aktivitas Asian Games 2018 akan ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Badan bahasa siap membantu panitia Asian Games 2018 terkait pemadanan kata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia,” ujar Gufran usai mendampingi Mendikbud Muhadjir Effendy menerima panitia penyelenggara Asian Games 2018 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Sebelumnya, pada awal Agustus 2017, Badan Bahasa telah mengirimkan surat kepada panitia Asian Games 2018

mengenai pengutamaan bahasa Indonesia pada media informasi di lokasi-lokasi pelaksanaan Asian Games 2018. Media informasi tersebut antara lain papan petunjuk, reklame, dan papan nama. Di bulan yang sama, panitia Asian Games 2018 langsung memberikan respons positif untuk melaksanakan arahan tersebut.

Dukungan Badan Bahasa kepada penyelenggaraan Asian Games 2018 sesuai dengan tugas dan fungsi Badan Bahasa sebagai lembaga kebahasaan pemerintah yang diberi tugas untuk mengingatkan para pemangku kepentingan untuk mengutamakan bahasa negara. Pengutamaan bahasa Indonesia ini merupakan upaya nyata penguatan jati diri dan daya saing bangsa Indonesia. (Desliana Maulipaksi)

 

Baca Juga :