Cara Mengatasi Ikan Stres yang Ampuh

Cara Mengatasi Ikan Stres yang Ampuh

Cara Mengatasi Ikan Stres yang Ampuh

Cara Mengatasi Ikan Stres yang Ampuh
Cara Mengatasi Ikan Stres yang Ampuh

Bagaimana cara mengatasi ikan yang stres? Sebagai makhluk hidup, ikan yang kita pelihara pun bisa mengalami stres. Kondisi ini biasanya dipicu oleh kesehatan badan si ikan itu sendiri serta keadaan di lingkungan kolam dan akuarium. Ikan yang sedang sakit tentu rawan mengalami stres. Begitu pun jikalau ikan ditempatkan di air yang keruh, ikan-ikan ini pasti gampang terkena stres.

Ikan yang stres biasanya akan lemas dan tidak terkendali. Nafsu makannya pun berkurang drastis. Oleh alasannya yaitu itu, bila tidak segera disembuhkan, cepat atau lambat maka ikan tersebut akan mati. Penanganan secara tepat sedini mungkin bisa menyelamatkan nyawa ikan tersebut dan mempertahankan kualitasnya. Berikut ini beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi ikan yang stres!

  1. Mengganti Air di Dalam Tangki

Penyebab utama ikan mengalami stres yaitu lingkungan daerah tinggalnya yang tercemar oleh zat-zat beracun. Sumber pencemarnya bisa dikarenakan asal air tersebut, ataupun kotoran dan sisa pakan yang mengendap di dasar tangki sehingga meningkatkan kadar amoniak terlarut di air. Makara Anda perlu membuang air yang sudah tercemar tadi dan menggantinya dengan yang gres untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Penggantian air juga memiliki kegunaan untuk menyediakan kembali garam mineral yang diharapkan oleh ikan untuk mendukung pertumbuhannya.

  1. Mencuci Tangki secara Menyeluruh

ikan cupang aduan – Ikan yang stres juga bisa disembuhkan dengan jalan mencuci kolam atau akuarium yang dipakai sebagai daerah pemeliharaannya. Anda bisa mencuci seluruh sudut kolam biar kondisinya bersih dan higienis. Setelah itu, jemur kolam/akuarium tersebut hingga kering tepat untuk membunuh bibit penyakit dan basil yang bersembunyi di dalamnya. Barulah kemudian Anda bisa mengisi tangki ini menggunakan air yang baru.

  1. Merendam di Larutan Garam

Jika jumlah ikan yang mengalami stres dalam waktu bersamaan kurang dari 5 ekor artinya kondisi kesehatan ikan tersebut yang sedang bermasalah. Sedangkan lingkungan kolamnya masih dalam keadaan ideal. Anda bisa melaksanakan karantina terhadap ikan-ikan yang stres tadi. Anda bisa merendam ikan di air yang mengandung larutan garam dengan konsentrasi tinggi selama 3 menit. Bisa juga menggunakan larutan kalium permanganat dan methilene blue. Sedangkan untuk cara yang alami, Anda bisa memanfaatkan cairan daun pepaya.

  1. Memberikan Obat yang Sesuai

Jangan khawatir alasannya yaitu ketika ini sudah banyak obat yang dikhususkan untuk mengatasi ikan yang stres. Salah satunya yaitu sulfamerazin dengan dosis 2 gram/10 kg pakan. Agar menarik minat ikan, obat ini memang harus ditebarkan ke kolam bersama dengan pemberian makanan. Anda juga bisa mengandalkan obat-obatan alami untuk menyembuhkan ikan stres menyerupai daun pepaya, ubi jalar, sente, dan mengkudu.

  1. Menyuntik dengan Teramisin

Apabila jumlah ikan yang terkena stres tidak terlalu banyak, Anda bisa mengobatinya dengan cara menyuntik menggunakan teramisin. Metode ini terbilang lebih efektif, khususnya untuk ikan indukan yang akan menjalani proses pemijahan untuk mengurangi risiko stres. Sebelum disuntikkan ke badan ikan, teramisin harus dilarutkan terlebih dahulu dalam 1 ml aquabidest. Adapun dosis obat yang digunakan yaitu 25 mg/1 kg bobot ikan.