Cara Membuat Air Laut Buatan Dari Air Tawar

Cara Membuat Air Laut Buatan Dari Air Tawar

Cara Membuat Air Laut Buatan Dari Air Tawar

Cara Membuat Air Laut Buatan Dari Air Tawar
Cara Membuat Air Laut Buatan Dari Air Tawar

Bagaimana cara membuat air laut buatan dari air tawar? Jika Anda ingin memelihara ikan laut di akuarium, maka Anda membutuhkan air laut sebagai media pemeliharaannya. Buat Anda yang tinggal di kawasan pesisir, mudah saja bagi Anda untuk menerima air laut ini. Begitu pun jika ada toko perikanan di sekitar rumah tinggal, Anda mampu mendapatkannya di sana.

Tetapi bagaimana karenanya jika Anda berada di dataran tinggi? Anda harus berjuang ekstra untuk menerima air laut ini. Lantas, kenapa tidak membuatnya sendiri saja? Prosesnya sangat mudah kok. Bahkan Anda pun dapat mengerjakan semuanya sendiri. Sayangnya dalam pembuatan air laut buatan ini, Anda membutuhkan beberapa materi kimia yang mungkin masih terdengar asing.

Air laut buatan yakni air tawar yang ditambah dengan bahan-bahan kimia untuk merubah unsur di dalamnya menjadi sama menyerupai air laut. Perlu diketahui, air laut memiliki salinitas 1.035 berarti dalam setiap 1000 liter air mengandung 3,5 kg garam. Air laut juga bersifat alkalis dengan tingkat keasaman (pH) sekitar 8,0-8,3.

Kelebihan air laut buatan bagi kita tentu memudahkan dalam memperoleh air laut yang layak pakai. Sedangkan kelebihan bagi ikan yaitu air laut tersebut lebih higienis sebab tidak tercemar hama dan bibit penyakit. Sayangnya air laut buatan tidak mengandung jasad renik/plankton.

ikan hiu megalodon – Tetapi Anda mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan menunjukkan pakan ikan secara manual. Di bawah ini merupakan panduan perihal proses pembuatan air laut buatan :

Bahan :

  • 2815 gram NaCl (Natrium Klorida) atau garam dapur
  • 692 gram MgSO4 6H2O (Magnesium Sulfat)
  • 67 gram KCl (Kalium Klorida)
  • 10 gram NaBr (Natrium Bromida)
  • 5 gram KH2PO4 (Kalium Bifosfat)
  • 0,5 gram KJ (Kalium Yodida)
  • 145 gram CaCl2H2O (Kalsium Klorida)
  • 100 liter air tawar

Alat :

  • Ember
  • Timbangan
  • Pengaduk
  • Hidrometer

Cara membuat :

  1. Siapkan bahan-bahan di atas secara lengkap. Anda mampu menerima semua materi kimia di toko kimia terdekat. Sedangkan untuk hidrometer mampu dibeli di Toko. Perlu diketahui, hidrometer yakni alat yang berfungsi untuk mengukur kadar garam terlarut di dalam air. Gunakan air tawar yang berasal dari sumur yang telah diendapkan selama 24 jam. Jangan pernah menggunakan air ledeng dari PDAM sebab mengandung kaporit.
  2. Buat campuran pertama yang terdiri dari 2815 gram NaCl (Natrium Klorida) atau garam dapur, 692 gram MgSO4 6H2O (Magnesium Sulfat), 67 gram KCl (Kalium Klorida), 10 gram NaBr (Natrium Bromida), 5 gram KH2PO4 (Kalium Bifosfat), dan 0,5 gram KJ (Kalium Yodida). Bahan-bahan ini dimasukkan ke sebuah bejana yang berukuran besar. Lalu tambahkan air tawar sebanyak 5 liter ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Buat campuran kedua dengan cara memasukkan 145 gram CaCl2H2O (Kalsium Klorida) ke dalam sebuah bejana yang lain. Kemudian tambahkan juga air tawar sebanyak 5 liter ke dalam bejana tersebut. Jangan lupa diaduk supaya tercampur rata ya.
  4. Siapkan sebuah bejana berukuran besar yang telah berisi 90 liter air tawar. Tuangkan campuran pertama dan kedua ke dalam bejana tersebut. Aduklah kembali supaya semua bahan-bahannya tercampur rata.
  5. Air laut buatan pun telah simpulan dibuat. Sebelum menggunakannya ke dalam akuarium, tidak ada salahnya Anda mengecek terlebih dahulu kelayakan air tersebut dengan mengukur tingkat salinitasnya menggunakan hidrometer.

Selamat mencoba!