15 SMA Se-Jatim Ikuti Kompetisi Wirausaha

15 SMA Se-Jatim Ikuti Kompetisi Wirausaha

15 SMA Se-Jatim Ikuti Kompetisi Wirausaha

15 SMA Se-Jatim Ikuti Kompetisi Wirausaha
15 SMA Se-Jatim Ikuti Kompetisi Wirausaha

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kompetisi wirausaha di kampus Unitomo, Surabaya, Minggu (22/4). Acara Manajemen Fair bertajuk Bangkitnya Generasi Muda Berkarakter tersebut diikuti 5 tim dari lima sekolah SMA se-Jawa Timur.

Ketua Pelaksana Manajemen Fair Universitas DR. Soetomo (Unitomo)

Regar Wahyu Hidayat mengatakan, kompetisi tersebut diikuti siswa kelas X dan XI. Sebanyak 100 siswa mendaftar.

Setelah melalui proses seleksi, pihaknya hanya menyisakan 5 tim dari lima sekolah yang beranggotakan 3 siswa. Antara lain, tim dari SMKN 6 Surabaya, SMAN 1 Lamongan, SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Pandaan, dan SMK Kelautan Jember.

“Mereka ikut serta dalam 2 bidang yang diperlombakan. Yakni, Bussines Plan Competition dan Bazzar,” kata Regar ditemui JawaPos.com di kampus Unitomo, Surabaya, Minggu (22/4).

Regar menjelaskan, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi setiap tim. Terutama, kriteria pada kompetisi Business Plan. Pertama, ide atau gagasan dari tiap peserta harus orisinil.

“Jika ternyata idenya sudah pernah diperlombakan, maka peserta dianggap gugur,” kata Regar.

Kedua, sistem penulisan proposal. Peserta dituntut untuk menuliskan proposal semenarik mungkin. Kemudian, peserta juga dinilai pada cara mempresentasikan ide dan gagasan mereka.

Belum selesai. Peserta juga dinilai saat demo produk. Demo produk tersebut

diikutkan pada kompetisi bazzar. Mayoritas tim menyuguhkan idenya di bidang kuliner kreatif. “Sisanya (gagasan bidang bisnis) bebas. Karena ide dapat bermacam-macam,” katanya.

Wakil Rektor III Unitomo Suryanto mengatakan, acara tersebut bertujuan mencari bibit baru di bidang kewirausahaan. Selain itu, kompetisi tersebut juga sebagai ajang dalam mempromosikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unitomo.

Sehingga pihaknya dapat menarik calon-calon mahasiswa yang berkualitas. “Jadi harapan kedepan, supaya ada kesimbangunan generasi. ,” kata Suryanto.

Namun, dia menegaskan tidak ada paksaan bagi pemenang kompetisi yang nantinya

mendaftarkan diri di fakultas lain di kampus Unitomo. Karena, setiap fakultas di Unitomo punya kegiatan unggulan yang bersifat promosi.

“Kami juga apresiasi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unitomo dengan beasiswa. Misalnya prestasi di bidang olah raga atau seni,” jelasnya.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/kalimat/