apakah definisi sel saraf neuron pada hewan

apakah definisi sel saraf neuron pada hewan

apakah definisi sel saraf neuron pada hewan

apakah definisi sel saraf neuron pada hewan
apakah definisi sel saraf neuron pada hewan

Neuron Sel syaraf didefinisikan oleh

keberadaan sebuah jenis sel khusus— neuron (kadang-kadang disebut “neurone” atau “sel syaraf”) .Neuron dapat dibedakan dari sel lain dalam sejumlah beberapa hal, tapi sifat yang paling mendasar adalah bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan sel lain melalui sinaps, yaitu pertautan membran-ke-membran yang mengandung mesin molekular dan mengizinkan transmisi sinyal cepat, baik elektrik maupun kimiawi. Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Dari badan sel keluar dua macam serabut syaraf, yaitu dendrit dan akson.

 

Dari badan sel keluar dua macam serabut syaraf, yaitu

dendrit dan akson. Dendrit berfungsi mengirimkan impuls ke badan sel syaraf, sedangkan akson berfungsi mengirimkan impuls dari badan sel ke sel syaraf yang lain atau ke jaringan lain. Akson biasanya sangat panjang. Sebaliknya, dendrit pendek. Setiap neuron hanya mempunyai satu akson dan minimal satu dendrit. Kedua serabut syaraf ini berisi plasma sel.

 

Pada bagian luar akson terdapat lapisan lemak

disebut mielin yang dibentuk oleh sel Schwann yang menempel pada akson. Sel Schwann merupakan sel glia utama pada sistem syaraf perifer yang berfungsi membentuk selubung mielin. Fungsi mielin adalah melindungi akson dan memberi nutrisi. Bagian dari akson yang tidak terbungkus mielin disebut nodus Ranvier, yang dapat mempercepat penghantaran impuls.

 

Bahkan dalam sistem syaraf spesies tunggal seperti manusia

terdapat beratus-ratus jenis neuron yang berbeda, dengan bentuk, morfologi, dan fungsi yang beragam. Ragam tersebut meliputi neuron sensoris yang mentransmutasikan stimuli fisik seperti cahaya dan suara menjadi sinyal syaraf, dan neuron motorik yang mentransmutasikan sinyal syaraf menjadi aktivasi otot atau kelenjar; namun dalam kebanyakan spesies kebanyakan neuron menerima seluruh masukan mereka dari neuron lain dan mengirim keluaran mereka pada neuron lain.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11140-isi-trikora-lengkap