Karakteristik inti dalam riset pemasaran yang baik

Karakteristik inti dalam riset pemasaran yang baik

Karakteristik inti dalam riset pemasaran yang baik

Karakteristik inti dalam riset pemasaran yang baik
Karakteristik inti dalam riset pemasaran yang baik

Untuk menjadikan riset pemasaran yang baik terdapat

Karakteristik inti yang dibutuhkan. Karakteristik tersebut adalah:

  1. Metode ilmiah, riset pemasaran yang efektif menggunakan prinsip metode ilmiah yang dimulai dengan pengamatan, perumusan hipotesis, prediksi, dan pengujian serta penganalisaan.
  2. Kreativitas riset, sebaiknya riset pemasaran mengembangkan cara-cara inovatif untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah. Sehingga dari berbagai inovasi tersebut akan didapat berbagai alternatif pilihan untuk pengambilan keputusan.

Metode beragam

peneliti yang baik akan berusaha untuk tidak terlalu bergantung pada satu metode saja dan lebih suka menyesuaikan metode dengan masalahnya daripada yang sebaliknya.

 

Interdepedensi dari model dan data

peneliti yang baik menyadari bahwa data diinterpretasikan melalui model yang melandasinya. Model-model ini memberikan pedoman atas jenis informasi yang dicari dan harus dinyatakan sejelas mungkin.

 

Nilai dan biaya dari informasi

Peneliti yang baik akan menunjukkan perhatian pada estimasi nilai informasi dan biayanya. Pertimbangan nilai/biaya membantu bagian riset dalam menentukan proyek riset mana yang akan dijalankan dan rancangan riset mana yang akan digunakan.

 

Skeptisme yang sehat

Peneliti pemasaran yang baik akan menunjukkan sikap skeptisme yang sehat terhadap asumsi-asumsi yang dikatakan manager pemasaran mengenai bagaimana pasar bekerja.

 

Pemasaran yang etis

Peneliti pemasaran yang baik harus dapat memberikan keuntungan yang baik terhadap perusahaan yang mensponsorinya dan pelanggan yang menjadi tujuan objek penelitian.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/